Dewan Pati : DTKS Banyak yang Tak Tepat Sasaran

Sunday, March 05, 2023

PATI - Semprawut dan tidak tepat sasaranya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di tingkat desa menjadi sorotan Komisi D DPRD Pati. 

Ketua Komisi D Anggota DPRD Pati, Wisnu Wijayanto menyembut banyak warga mampu justru masuk ke dalam dalam DTKS. Itu dapat dilihat dari rumah tinggal mereka yang sangat layak.

“Yang masuk malah warga yang mampu. Dan ironisnya banyak warga miskin yang mengadu karena tidak masuk dalam dalam DTKS," ujar  Wisnu. 

Ketika hal ini dicross check, pihak Dinsos juga membenarkan data yang masuk di DTKS adalah masyarakat dengan ekonomi mampu.

Sayangnya Wisnu mengaku, Dinsos Pati tidak berani melakukan verifikasi faktual (verfal) lantaran takut jika diprotes bahkan di demo para Kades. 

“Setelah itu kami ketemu dengan Dinsos Pati bilangnya apa, “Aku gak verfal, karena wedi digeruduk petinggi,” katanya. 

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, politisi partai Gerindra ini akan mengajak para kepala desa bertemu secara langsung untuk diskusi supaya DTKS bisa dimaksimalkan dan warga miskin dapat menerima haknya.

Permasalah DTKS ini menurut Wisnu harus segera diselesaikan mengingat ketidakadilan penerimaan seringkali membuat keresahan di dalam masyarakat. (adv)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »