Ketua Komisi B Minta Harga Ikan Laut Stabil

Monday, January 09, 2023

PATI - Ketua Komisi B DPRD Pati, Sutarto Oen Thersa menyoroti melonjaknya harga ikan yang cukup tinggi di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani. 

“Memang harga ikan saat ini relatif fluktuatif, artinya bisa naik-turun tergantung dengan kondisi cuaca. Karena informasi dari BMKG sampai bulan jni terakhir Kabupaten Pati mengalami cuaca yang cukup ekstrem,” katanya.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati segera memberikan solusi agar komoditi tersebut bisa terjangkau untuk masyarakat.

"Adanya cuaca ekstrem ini, mengakibatkan pasokan ikan mengalami penurunan, sehingga harga ikan menjadi naik," pintanya.

Oleh karena itu, pria yang sering disapa Pak Kokok ini mendorong dinas terkait untuk mencari solusi yang terbaik. Supaya tidak ada yang dirugikan dengan naiknya harga ikan.

“Cuaca seperti hari ini tentu membuat para nelayan akan kesulitan untuk mencari ikan, sehingga jumlahnya terbatas dan harga ikan menjadi terbatas,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang ikan di pasar Rogowangsan Surati menyampaikan bahwa ia mengambil ikan dari Juwana memang mengalami kenaikan dari Rp2 ribu – Rp5 ribu tergantung jenis ikannya.

“Untuk ikan laut naik sedikit, mungkin karena cuaca buruk. Biasanya ambil di pelabuhan Juwana. Naik sekitar Rp5 ribuan, jadi agak sepi pembeli,” Pungkasnya. (adv)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »