Tampilkan Kearifan Lokal pada Acara Karnaval

Monday, August 26, 2019
KOSTUM: Siswa dari SDN Soneyan 02 foto bersama dengan guru dengan kostum tradisional.
PATI - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, SDN Soneyan 02 mengikuti karnaval tingkat Kecamatan Margoyoso, yang digelar belum lama ini. Pada karnaval ini, dari sekolah tersebut menampilkan kearifan lokal melalui kostum tradisional berupa pewayangan.

"Soneyan ini memiliki kesenian khas berupa wayang topeng. Nah, pada acara karnaval ini, kami juga mengangkat tema tentang kearifan lokal, khususnya melalui kostum yang dikenakan oleh anak-anak," ujar Kepala SDN Soneyan 2 Lilik Erawati melalui salah satu guru Ninik Lestari.

Melalui hal tersebut, pihaknya berharap, jika sekolah bisa ikut serta mengangkat atau mengenalkan budaya tradisional kepada masyarakat luas. Sebab, Desa Soneyan sangat identik dengan kesenian wayang topeng.

Dirinya berharap, melalui hal itu pula, kesenian tradisional yang dimiliki Desa Soneyang bisa terus lestari dan nantinya banyak generasi penerus yang mau untuk menguri-uri budaya lokal itu, khususnya dari siswa-siswi SDN Soneyan 2.

Untuk itu, sejak dini pula, pihaknya berupaya untuk mengenalkan budaya tradisional yang dimiliki oleh desa setempat. Sehingga, peserta didik yang merupakan warga desa setempat juga tidak asing dengan kesenian wayang topeng yang berasal dari Soneyan.

"Di Desa Soneyan ini ada kesenian tradisional. Untuk itu, kita juga memiliki tanggung jawab untuk bisa mengenalkan kepada peserta didik terkait dengan kesenian tersebut. Tidak melulu kesenian yang berasal dari luar daerah, tetapi dari lokal sendiri juga perlu kita kenalkan," ungkapnya.

Pihaknya berharap, ke depan, kesenian tradisional tersebut terus terjaga dan lestari."Ini kearifan lokal yang perlu kita lestarikan. Makanya, budaya ini juga kita kenalkan sejak dini," pungkasnya. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »