Semarak Kirab Boyongan Peringati Hari Jadi Pati ke 696

Wednesday, August 07, 2019
KIRAB : Selain bupati dan wakil bupati, jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pati juga ikut dalam kirab
PATI - Ribuan warga Pati semarakkan prosesi kirab boyongan dari Pendopo Genuk Kemiri ke Pendopo Kaborongan, Rabu (7/8) siang kemarin. Kirab yang diadakan untuk mempringati Hari Jadi ke 696 Pati tersebut, juga melibatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pati. 

Kabag Humas Pemkab Pati Ahmadi mengungkapkan, kirab tersebut menjadi acara pokok pada peringatan Hari Jadi ke 696 Pati. Yang mana, inti dari acara itu adalah untuk memboyong dan menyerahkan dua pusaka Keris Rambut Pinutung dan Keris Kuluk Kanigoro.

“Kirab ini adalah momen kita untuk kembali mengingat sejarah Kabupaten Pati. Yang mana dimulai dari ketika terjadinya penggabungan Kadipaten Parang Garuda, Mojosemi dan Carangsoko. Kemudian kadipaten itu diboyong ke barat ketika boyongan inilah menandai Hari Jadi Pati. Sehingga yang dulunya Kadipaten Pati Pesantenan menjadi Kabupaten Pati,” ungkapnya kemarin.

Ahmadi menjelaskan, Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati dengan prosesi kirap boyongan sudah berlangsung sejak dua puluh lima tahun lalu. Kali pertama kirab boyongan dimulai pada 1994.

“Untuk pelaksanaan agenda prosesi boyongan menuju Pendopo Kabupaten Pati tahun ini punya nilai yang strategis dan ada nilai tambahan yang spektakuler. Karena untuk kirab ini menggunakan kereta kencana dari Surakarta yang dinaiki Bupati Pati,” jelasnya.

Selain itu, dalam kirab tersebut juga digelar berbagai macam hiburan. Sebab, dalam rangkaian kali ini tidak lain disuguhkan untuk menghibur masyarakat Kabupaten Pati.(me/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »