Semarak HUT RI di SDN Ngarus 02

Monday, August 26, 2019
LOMBA: Siswa mengikuti lomba dalam rangka menyemarakkan HUT RI.
PATI - Berbagai elemen masyarakat menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak terkecuali di SDN Ngarus 02, Kecamatan Pati, yang juga melaksanakan peringatan HUT RI. 

Ragam acara digelar untuk menyemarakkan HUT RI tersebut. Yakni, mulai dari upacara bendera hingga ragam lomba khas Agustusan. Seperti halnya lomba memasukkan pensil dalam botol, estafet tepung, joget balon dan lain sebagainya.
Untuk upacara sendiri, digelar di halaman sekolah setempat yang diikuti siswa dan guru. Pun demikian, dengan petugas upacara juga merupakan siswa yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya.

Selain upacara pengibaran bendera merah putih, juga digelar beragam lomba. Baik untuk kelas kecil maupun kelas besar. Untuk kelas kecil yakni kelas 1-3, sedangkan untuk kelas besar yakni kelas 4-6.

"Untuk kelas kecil, lomba yang digelar di antaranya memasukkan pensil ke dalam botol, kemudian untuk kelas besar itu ada lomba estafet tepung, estafet kaos, estafet kacang hijau menggunakan sumpit dan lain sebagainya," ujar Siti Juwariah, Kepala SDN Ngarus 02.

Dirinya menyampaikan, dengan adanya upacara maupun perlombaan yang bertemakan HUT RI tersebut, diharapkan siswa bisa mengenal sejak dini tentang sejarah bangsanya, khususnya terkait dengan proses perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan.

Ia mencontohkan, dari upacara bendera yang dilakukan. Yakni, bagaimana peserta didik bisa menghayati nilai-nilai perjuangan untuk bangsa Indonesia agar bisa lepas dari penjajah. 

"Kemudian, untuk lomba-lomba yang kami adakan juga khas Agustusan. Selain menghibur, tentu kami juga menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan perjuangan dalam lomba tersebut. Yakni, bagaimana siswa bisa bekerja sama dalam mengikuti perlombaan. Karena lomba ini ada yang dilakukan oleh tim," ungkapnya.

Selanjutnya, bagaimana siswa dilatih untuk bisa mandiri dan berjuang hingga akhir. Yakni, bagaimana menyelesaikan lomba secara fair dan bertanggung jawab.

Dirinya juga menyampaikan, selepas upacara bendera juga ada penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba.Baik hal itu untuk peserta yang perorangan ataupun yang tim. Diharapkan, apresiasi itu bisa menjadi penyemangat bagi peserta didik untuk terus berprestasi. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »