Sedekah Bumi Desa Kudukeras, Bawakan Teatrikal Perjuangan Jenderal Sudirman

Friday, August 09, 2019
Warga Desa Kudukeras menggelar sedekah bumi dengan tema perjuangan Jendral Sudirman.
PATI - Ada yang berbeda dari hajatan sedekah bumi yang digelar di Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana, Minggu (4/8). Dalam hajatan tersebut, warga menggelar aksi teatrikal perjuangan Jenderal Sudirman melawan penjajah Belanda.

Teatrikal tersebut menceritakan saat Jenderal Sudirman berperang dalam keadaan sakit dan ditandu oleh para prajurit di medan pertempuran. Ada dokter, ibu-ibu yang menyediakan makanan untuk prajurit, dan tentara yang ikut dalam perjuangan melawan penjajah.

Ada pula adegan para prajurit yang gugur di palagan perang. Setelah menang melawan penjajah, Jenderal Sudirman dan pasukannya mengibarkan sang saka Merah Putih.

Pengibaran bendera Merah Putih disambut gegap gempita oleh para prajurit dan warga. Mereka langsung menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kasi Kesra Desa Kudukeras, Sukirno mengatakan, aksi teatrikal dilakukan pada saat penutupan serangkaian kirab budaya mengelilingi desa. Teatrikal sengaja diadakan pada saat sedekah bumi supaya warga tahu perjuangan para pahlawan terdahulu rela menumpahkan darah demi kemerdekaan RI.

"Ini sekaligus untuk menyambut HUT RI ke-74. Biar masyarakat tahu betapa berat perjuangan para pahlawan terdahulu dalam memerdekakan RI," ujar Sukirno.

Sedekah bumi sendiri diawali dengan doa bersama, kemudian kirab budaya mengelilingi kampung. Selain menghibur warga, kirab budaya menjadi salah satu cara untuk mempererat persatuan masyarakat agar tetap rukun. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »