Ratusan Siswa Ikut Pelatihan Manasik Haji

Thursday, August 29, 2019
MANASIK HAJI: Ribuan siswa PAUD dan TK di Kabupaten Kudus, mengikuti pelatihan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.
KUDUS - Ribuan siswa dari 31 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Kudus, mengikuti program kegiatan pelatihan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (29/8) pagi kemarin.

Kepala TK Islam Terpadu Umar Bin Khathab sebagai penyelenggara kegiatan, Eti Nidiawati mengatakan, pelatihan manasik haji ini untuk membentuk karakter anak-anak, dengan mengenalkan rukun ritual haji sebagai rukun Islam kelima sejak dini.

"Diharapkan, ketika dewasa memiliki motivasi dan cita-cita menunaikan rukun Islam kelima tersebut,” ujar Eti kepada wartawan di Alun-alun Kudus.

Lebih lanjut, Eti menjelaskan, ibadah haji adalah salah satu ibadah yang membutuhkan kesiapan mental dan fisik yang memadahi. Dengan demikian kesiapan itu harus dikenalkan sejak dini. Selain itu, yang harus dipertunjukkan sejak dini yaitu tata cara pelaksanaan ibadah haji.

"Pelatihan manasik haji ini juga salah satu upaya menumbuhkan semangat, bagi umat muslism,” imbuhnya.

Dikatakan Eti, pelatihan manasik haji ini digelar secara rutin tiap tahun oleh TKIT Umar bin Khathab Kudus. Adapun jumlah peserta, tahun ini sebanyak 1.606 peserta termasuk guru pendamping dari 31 lembaga PAUD dan TK. Melihat angka tersebut, jumlah peserta tahun ini ada peningkatakan karena tahun lalu hanya diikuti 21 lembaga pendidikan.

"Kalau jumlah siswa, tahun ini sebanyak 1.373 peserta yang ikut latihan manasik haji,” paparnya.

Pantauan di lapangan, ribuan siswa tersebut terlihat antusias dan ceria mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Anak-anak tersebut juga memakai pakaian ihram didampingi gurunya untuk memudahkan mengikuti seluruh rangkaian praktik ibadah haji.

Adapun proses rukun haji, diawali dari padang arafah untuk melaksanakan wukuf. Kemudian diajak melempar jumrah, tawaf mengelilingi kabah, sai atau lari-lari kecil antara bukit safa dan marwah serta mencukur rambut layaknya haji sebenar. Seluruh proses rukun haji ini, dilaksanakan di Alun-alun Kudus. (han/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »