Polisi Buru Pelaku Pembuang Bayi

Thursday, August 29, 2019
DIPERIKSA: Kapolsek Jati AKP Bambang Sutaryo memeriksa bayi yang ditemukan Surasno, di teras rumahnya Rabu pagi kemarin.
KUDUS - Jajaran Polsek Jati Polres Kudus hingga kini masih memburu dua orang pelaku, yang membuang bayi di teras rumah milik Surasno warga Desa Tumpangkrasak RT 03 RW 06 Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (28/8) pagi kemarin. Diduga, dua pelaku tersebut sepasang suami istri yang sengaja meninggalkan anaknya di teras rumah warga.

Kapolsek Jati Polres Kudus, AKP Bambang Sutaryo mengatakan, pelaku diduga sepasang suami istri yang sengaja meninggalkan anaknya di teras rumah milik Surasno. Hal itu terlihat dari rekaman video close circuit television (CCTV), yang terpasang tidak jauh dari lokasi penemuan.

"Ya (ada video CCTV) mas,” singkatnya, Kamis (29/8) melalui aplikasi WhatsApp.

Dia menegaskan, dua pelaku tersebut bisa dijerat Pasal 308 KUHP jo 305 KUHP. Sedangkan ancaman hukumannya, minimal 2 tahun 9 bulan sampai 5 tahun 6 bulan.’’Saat ini masih dilakukan penyelidikan,” jelasnya.

Diketahui, dari rekaman CCTV berdurasi 11 detik pada Rabu (28/8) pukul 04.30 WIB itu, dua pelaku mengendarai sepeda motor berhenti di depan rumah Surasno. Salah satu pelaku yang memakai jaket, helem dan celana training panjang turun, dan berjalan menuju teras rumah.

Setelah itu, meletakkan sebuah benda yang terbungkus kain di dekat tiang rumah. Selesai meletakkan barang bawaannya, pelaku yang diduga seorang perempuan tersebut meninggal lokasi.”Rekaman video CCTV ini menjadi salah satu alat bukti, untuk melakukan penyelidikan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, setelah penemuan bayi ini diberitakan, banyak pasangan suami istri yang menginginkan balita berjenis kelamin laki-laki ini. Keinginan warga itu disampaikan melalui pesan singkat maupun telepon. Pemilik rumah yakni Surasno, juga mempunyai niat yang sama yaiut mengadopsi bayi malang tersebut.

Namun, kata Bambang, saat ini belum bisa memberikan jawaban, karena bayi berbobot 3,4 kilogram itu masih dilakukan perawatan dan pengawasan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Selesai dilakukan perawatan dan dinyatakan baik, akan diserahkan kepada Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus.

"Kalau ada yang berminat bisa langsung menghubungi Dinas Sosial,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, warga Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati Kudus digegerkan adanya penemuan bayi di teras rumah milik Surasno warga RT 03 RW 06 desa setempat, Rabu (28/8) pukul 04.30 WIB. Saat ditemukan, pemilik rumah hendak mau sholat subuh.

Kapolsek Jati Polres Kudus, AKP Bambang Sutaryo saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan bayi di Desa Tumpangkrasak Rabu pagi. Penemuan bayi berkelamin laki-laki itu bermula dari pemilik rumah hendak sholat subuh dan ingin membuka pintu pagar garasi rumah. Tiba-tiba terdengar suara tangisan bayi, selanjutnya dicari sumber suara tangisan bayi tersebut.

"Bayi itu ditaruh di teras rumah, dibungkus dengan handuk warna merah,” terangnya. (han/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »