Pemdes Trangkil Luncurkan Perdes Terkait Sampah

Thursday, August 22, 2019
Suremi, Kepala Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati
PATI - Permasalahan sampah yang ada dibeberapa daerah telah menjadi polemik. Terlebih, akhir-akhir ini di Kabupaten Pati, permasalahan tersebut sudah menjadi sorotan banyak pihak. Sampah memang membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan masyarakat apabila tidak ditanggulangi.

Seperti halnya Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil. Pemerintah desa setempat telah mencanangkan untuk pemmbuatan peraturan desa (perdes) terkait sampah. Hal itu agar desa tersebut menjadi indah dan  terbebas dari permasalahan sampah yang selama ini menjadi belenggu.

“Sudah ada pencanangan pembuangan sampah dan jambanisasi. Bagi warga yang belum punya jamban akan kita berikan. Agar tidak ada lagi yang BAB di sembarang tempat,” ujar Kepala Desa Trangkil Suremi.

Nantinya, pihak desa akan memberikan sosialisasi terkait perdes yang segera diluncurkan. Agar masyarakat dapat mengetahiu hal itu.

“Jangan sampai warga sini (Trangkil) membuang sampah sembarangan, supaya sehat. Agar orang desa siap terhadap perdes yang ada. Dan juga terkait sungai agar tetap steril. Biar tidak ada lagi sampah yang menumpuk,” jelasnya.

Sebenarnya, menurut Suremi, sampah tidaklah salah, tetapi yang salah adalah perbuatan manusianya dalam melakukan pembuangan. Banyak manusia yang belum sadar akan hal tersebut, karena menurut sebagian orang itu adalah wajar. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »