Pemdes Pasuruhan Lor Adakan Pegaleran Ketoprak

Wednesday, August 28, 2019
MENYAPA WARGA: Plt Bupati Kudus H.M Hartopo didampingi Sekda Kudus Sam’ani Intakoris menyapa warga, saat menghadiri pagelaran ketoprak di Lapangan Desa Pasuruhan Lor, Jati Kudus.
KUDUS - Pemerintah Desa (Pemdes) Pasuruan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus menggelar Pagelaran Kesenian Ketoprak, Minggu (25/8) malam di Lapangan Desa setempat. Even tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Kudus H.M Hartopo juga turut hadir didampingi Sekda Kudus Sam’ani Intakoris, Camat Jati Andreas Wahyu Adi dan Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Jati. Tak ketinggalan, warga Desa Pasuruhan Lor dan sekitarnya juga turut menyaksikan pagelaran ketoprak Manggolo Budoyo dari Kabupaten Pati, dengan lakon Marmoyo Marmadi itu. 

Kepala Desa Pasuruhan Lor, Noor Badri dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Kudus H.M Hartopo yang sudah bersedia hadir ditengah kesibukannya, untuk menyaksikan ketoprak yang digagas Pemdes Pasuruhan Lor. Ucapan terimakasih juga diberikan, karena sudah mau berbaur dengan masyarakat desa setempat.

"Semoga kehadiran Bapak Hartopo ini mendatangkan manfaat bagi kami, dan seluruh masyarakat Desa Pasuruhan Lor,” ujarnya. 

Dia menambahkan, selain pagelaran ketoprak, Minggu pagi kemarin Pemdes Pasuruhan Lor juga mengadakan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga. Hal ini juga untuk memerihakan HUT Kemerdekaan RI.

Sementara, Plt Bupati Kudus H.M Hartopo memberikan apresiasi kepada Pemdes Pasuruan Lor, dalam upaya nguri-nguri budaya. Menurutnya, kesenian budaya merupakan alat pemersatu bangsa, ajang pariwisata dan ajang silaturahmim untuk warga masyarakat.

"Pagelaran ketoprak ini, salah satu upaya untuk nguri-nguri budaya. Kami atas nama Pemerintah Daerah, tentu sangat mengapresiasi. Karena budaya merupakan alat persatu Bangsa,’’ kata Hartopo.

Lebih lanjut, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Pemeritnah mengambil tema Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju. Makna dari tema itu adalah bahwa pembangunan SDM sangat diperlukan. Pihaknya berharap, semua unsur masyarakat memiliki peran, terutama orang tua untuk kemajuan pendidikan para generasi penerus bangsa.

"Kita harapkan untuk para orang tua dapat mensupport anak-anaknya dalam hal pendidikan, sehingga dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan cerdas,’’ pungkasnya. (han)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »