Pekalongan Gelar Festival Layang-layang

Thursday, August 29, 2019
PENGARAHAN: Pengarahan kepada peserta lomba oleh Kepala Desa Pekalongan.

PATI - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Desa (Pemdes) Pekalongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, menggelar Festival Layang-layang pada pekan lalu. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari warga desa setempat.

Ada yang unik dari Festival Layang-layang tersebut, yakni pengibaran bendera merah putih oleh peserta. Bendera tersebut diletakkan di rangka layang-layang ataupun di tali untuk menerbangkan layangan tersebut.

"Pengibaran bendera merah putih menjadi salah satu syarat bagi peserta. Ada keharusan bagi mereka untuk mengibarkan bendera merah putih, karena ini menjadi faktor penilaian," ujar Kepala Desa Pekalongan Ukhwatur Roi.

Dirinya menyampaikan, jika Festival Layang-layang ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung dan meningkatkan kreativitas pemuda dan anak-anak di Desa Pekalongan. Sebab, cukup banyak warga setempat yang hobi membuat dan menerbangkan layangan pada musim kemarau seperti ini.

Meski kegiatan ini baru kali pertama, namun antusias warga untuk mengikuti festival tersebut cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti acara tersebut.

"Festival ini persiapannya juga sebentar, karena memang dadakan. Kebetulan di desa sedang banyak acara juga, mulai dari sedekah bumi, haul hingga hajatan warga. Tetapi, antusias warga untuk mengikuti kegiatan ini ternyata juga cukup tinggi," ungkapnya.

Melihat hal ini, pihaknya berencana, Festival Layang-layan tersebut bakal menjadi agenda rutin yang siap digelar setiap tahunnya. Hal ini sebagai bentuk support kepada warga, khususnya anak-anak untuk berkreasi dalam membuat layang-layang.

Sedangkan untuk penilaian sendiri, katanya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi peserta. Di antaranya adalah kreativitas peserta dalam membuat layangan, ketenangan layang-layang ketika terbang dan juga pengibaran bendera merah putih. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »