DPRD Pati Mulai Bentuk Fraksi

Thursday, August 29, 2019
PATI - Setelah resmi dilantik pada Rabu (27/8) kemarin, kini para Anggota DPRD Pati sedang fokus membentuk fraksi-fraksi. Ini menjadi pijakan awal untuk pembentukan dan pemenuhan alat kelengkapan dewan.

Sekretaris DPRD (Setwann) Pati Bambang Santoso mengatakan, untuk membentuk alat kelengkapan DPRD, akan diawali dengan pembentukan fraksi.

“Usai pengambilan sumpah atau janji dan pelantikan, DPRD Pati untuk beberapa waktu lamanya dipimpin ketua dan wakil ketua sementara,” katanya.


Ketua DPRD Sementara saat ini dipegang oleh Ali Badrudin (PDI Perjuangan) dan Wakil Ketua Sementara Joni Kurnianto (Demokrat).

Tugas ketua dan wakil ketua sementara adalah memimpin rapat-rapat DPRD, membentuk fraksi dan memproses kepemimpinan DPRD yang definitif, yakni ketua dan tiga wakil ketua.

“Setelah terbentuk fraksi itu baru membentuk kelengkapan yang lain. Mulai dari Badan Anggaran (Banggar), Komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Kehormatan Dewan (BK) dan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda),” ujarnya.

Ia memperkirakan dalam waktu yang tidak lama, semua alat-alat kelengkapan dewan segera terbentuk. Menyinggung unsur pimpinan dewan, mulai dari ketua, dan wakil-wakilnya, sesuai dengan Undang-Undang MD3, maka parpol suara terbanyak pertama hingga terbanyak keempat yang akan mendapat jatah.

“Prosesnya tentu pimpinan parpol itu akan menunjuk siapa yang ditunjuk sebagai pimpinan. Setelah itu nanti pimpinan sementara memproses nama-nama yang sudah masuk ke gubernur untuk ditetapkan sebagai pimpinan DPRD definitif, yang disetujui pada sidang paripurna DPRD. Setelah turun surat dari gubernur nanti ada pelantikan lagi oleh Ketua Pengadilan Negeri Pati,” imbuhnya.

Bambang menyebut, posisi ketua DPRD akan diisi oleh PDI Perjuangan. Sedangkan wakil ketua I, II dan III masing-masing dari Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PKB. (gus/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »