Siswa Kelas V Ikuti Outing Class

Monday, July 22, 2019
MEMBUAT KOMPOS: Siswa terlihat sedang belajar membuat kompos.
PATI - Peserta didik dari SDN Ngemplak Kidul 2, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, mengadakan kegiatan outing class dengan mengadakan pembelajaran membuat pupuk kompos yang dilakukan di luar kelas. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas V, pada Senin (22/7).

Kepala SDN Ngemplak Kidul 2 Darminah menyampaikan, outing class tersebut sebagai salah satu cara untuk menghindari kejenuhan anak-anak yang setiap hari mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

"Untuk kegiatan outing class untuk kali ini, adalah anak-anak kelas V yang berpartisipasi.Dengan adanya kegiatan tersebut, anak-anak juga dapat mengenal dan belajar secara langsung mengenai proses pembuatan pembuatan pupuk kompos. Sehingga, mereka tidak hanya melihat hasil produk saja," ujarnya.

Dalam hal ini,katanya, anak-anak dipandu oleh mahasiswa dari UNISSULA yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di desa setempat. Salah satu materi yang diberikan tersebut adalah bagaimana proses pembuatan pupuk kompos terhadap peserta didik.

Menurutnya, kegiatan outing class tidak hanya dilakukan kali ini saja, namun, secara rutin minimal satu tahun satu kali juga dilaksanakan. Biasanya, kegiatan tersebut dilakukan tidak hanya di lingkungan sekolah saja.

Katanya, kegiatan outing class bisa dilakukan dengan beragam cara. Di antaranya, mengenalkan kepada anak-anak terkait pertanian, profesi, atau hal lain yang bisa menambah pengetahuan anak-anak.

Dari kegiatan itu sendiri, menurutnya, juga bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kekompakan bagi siswa, karena antara satu teman dengan teman lainnya bisa saling guyub.

Kemudian, kata Darminah, dengan adanya kegiatan seperti itu, bisa mengenalkan siswa terhadap dunia luar. Sehingga, nantinya siswa bisa secara perlahan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

"Pastinya, kita berharap peserta didik kita bisa menjadi generasi penerus yang cerdas, mandiri dan berguna bagi bangsa. Untuk itu, kita tanamkan sejak dini kegiatan-kegiatan yang positif," pungkasnya. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »