Rembang Kembali Sabet Penghargaan KLA

Wednesday, July 24, 2019
BANGGA: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyerahkan penghargaan kepada Istri Bupati Rembang yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hasiroh Hafidz dalam puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional disalah satu hotel di Makasar, Selasa (23/7).
REMBANG - Kabupaten Rembang kembali mengukir prestasi di Hari Anak Nasional (HAN), dengan Dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Nindya dan Penghargaan Puskesmas Kragan 2 sebagai puskesmas Ramah Anak.

Penghargaan yang diserahkan langsung dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut diterima oleh Istri Bupati Rembang yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hasiroh Hafidz dalam puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional disalah satu hotel di Makasar, Selasa (23/7).

Penghargaan KLA kali ini merupakan yang ke tujuh, yakni, tingkat Nindya pada tahun 2011 dan tingkat Madya pada 2012, 2013, 2015, 2017, 2018 dan kembali meraih tingkat nindya ditahun ini.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Sri Wahyuni menjelaskan, Kabupaten Layak Anak ini dinilai dari komitmen pemerintahan daerah yang peduli terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Ia juga menegaskan bahwa penghargaan ini diraih bukan hanya usaha dari Dinsos PPKB saja melainkan juga melibatkan anggota OPD dan organisasi terkait, sehingga penghargaan ini diraih atas kerja keras Pemerintah Kabupaten Rembang.

"Sebenarnya yang dinilai adalah yang pertama ini komitmen Pemerintahan Daerah mengenai perlindungan anak, yang pertama ini misalnya tentang regulasi-regulasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah dalam dalam rangka untuk Perlindungan Anak ini, kemudian pemenuhan hak-hak anaknya ini dilakukan oleh gugus tugas yang diketuai oleh Bappeda, sekretariatnya di Dinsos PPKB anggotanya semua OPD, usaha lembaga-lembaga terkait organisasi. jadi ini sebenarnya merupakan kerja kita semua bukan dinsos PPKB saja," jelasnya 

Dalam kesempatan yang sama Kabupaten Rembang juga meraih penghargaan Puskesmas ramah anak tingkat nasional, yang dalam kategori ini diberikan kepada Puskesmas Kragan 2.

Ada 15 indikator untuk penilaian puskesmas ramah anak, beberapa diantaranya adanya tenaga medis yg memahami hak anak dan kesehatan anak, tersedianya pelayanan khusus anak dan konseling, ruang laktasi sesuai standar, ruang bermain anak yg memadai, cakupan layanan kesehatan anak, gizi imunisasi dan lain sebagainya.

Penilaian ini berlangsung selama empat bulan, dimulai dari bulan April sampai Juli 2019 dan akhirnya membuahkan hasil. Harapannya dengan pencapaian ini mampu memberikan motivasi dan menciptakan inovasi yang baru bagi seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Rembang. 

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz    mengaku bangga atas penghargaan tersebut. Menurutnya penghargaan KLA tingkat Nindya itu dapat diraih atas kerja sama dan komitmen banyak pihak. 

"Komitmen kami memang menjadi terus lebih baik untuk memberikan pelayanan kepada anak- anak.  Ini juga kado bagi Rembang di usia yang ke 278 tanggal 27 Juli besok, " pungkasnya. (sov/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »