Puluhan Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Lomba Kreasi

Monday, July 15, 2019
TATA BOGA: Siswa SLB sedang mengikuti lomba tata boga pada ajang lomba kreasi siswa. FOTO: KHOLISTIONO/JATENG POS
PATI - Kondisi fisik tidak sempurna bukan jadi halangan untuk berprestasi dan berkarya. Semangat inilah yang diusung para siswa berkebutuhan khusus dalam Lomba Kreasi Siswa Nasional (LKSN) tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III dan IV Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti lebih dari 50 peserta berkebutuhan khusus tersebut, digelar di SLBN Rembang pada, Kamis (10/7) lalu.

Dwi Yulianto, panitia lomba menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan ajang apresiasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilannya. 

"Acara ini juga berfungsi meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian mereka. Pemerintah berkomitmen untuk tidak mendiskriminasikan siapapun. Sebab pendidikan adalah hak bagi semua anak, dan tidak ada yang didiskriminasikan.Mereka memang berbeda, tapi tidak untuk dibeda-bedakan," ujarnya.

Adapun cabang yang dilombakan dalam kegiatan tersebut adalah, lomba membuat hantaran, tata kecantikan, membatik, informasi teknologi kreasi barang limbah, tata boga, seni kriya kayu, merangkai bunga sintetis dan menjahit.

Lebih lanjut ia sampaikan, jika kegiatan lomba tersebut lebih untuk menunjukkan kepada khalayak, bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga mampu berprestasi dan mandiri. Melalui ajang kreasi berskala daerah, diharapkan membuka mata orang tua yang memiliki anak-anak yang berkebutuhan khusus untuk mendukung kreativitas anaknya. 

Dwi, yang juga ketua kontingen dari Pati juga menyampaikan, jika secara keseluruhan, peserta lomba yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 59 siswa. Sedangkan untuk dari Kabupaten pati sendiri, jumlahnya ada tujuh peserta.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadi pemacu semangat bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, untuk terus berprestasi. Pun demikian, orang tua bisa memberikan support yang maksimal terhadap anaknya yang berkebutuhan khusus itu. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »