Posyandu Megawon Miliki Program Pos Hanzib

Wednesday, July 17, 2019
PENIMBANGAN: Tahap penimbangan berat badan anak pada posyandu.
KUDUS - Untuk menekan terjadinya kekurangan gizi pada balita, posyandu di Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus miliki program pos pemulihan gizi balita (Pos Hanzib) yang berpusat di Posyandu Melati, desa setempat.

Diceritakan oleh Ketua Program Kesehatan Keluarga (PKK) Desa Megawon Erwin Anjastuti, bahwa pelaksanaan program Pos Hanzib ini dalam rangka meningkatkan dan menyentuh kasus gizi balita yang tidak sedikit ditemui di wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon.

Teknisnya, ada empat tahap yang harus dilalui oleh balita untuk bisa dikategorikan bisa masuk Pos Hanzib. Yaitu, tahap pendaftaran, tahap penimbangan, tahap pencatatan, dan tahap penyuluhan. Apabila anak terdeteksi mengalami permasalah gizi pada tahap penyuluhan, maka akan masuk ke bagian Pos Hanzib. Dan sebaliknya, bila normal maka akan langsung menuju ke tahap terakhir, yaitu tahap pelayanan.

“Di Pos Hanzib nanti ada tenaga kesehatan, kader posyandu, dan dokter gizi. Jadi apabila dari dokter gizi mendiagnosa dan harus dirujuk ke klinik, maka langsung kita rujuk,” ujarnya.
Dengan menggandeng kader-kader dari masyarakat, Pos Hanzib diharapkan dapat menjadi jalan keluar untuk menekan angka balita kurang gizi. Serta menjadi sarana untuk memberikan pengajaran kepada masyarakat, terutama para ibu terkait dengan tata cara pemberian asupan makanan anak yang benar.

“Kita juga ada dapurnya. Jadi tidak hanya dijelaskan lewat mulut bagaimana membuat asupan makanan kepad anak, tetapi langsung kita praktik. Kalau tidak seperti itu, nanti sampai rumah bisa lupa,” imbuhnya.

Diakuinya, program ini sangat membantu dalam peningkatan kesehatan dalam masyarakat desa, utamanya pada kesehatan balita. Bahkan, Posyandu Melati yang menjadi tempat perealisasian program Pos Hanzib ini telah menjadi model bagi posyandu-posyandu lainnya.

Ditambah, dari pemerintahan desa (pemdes) setempat juga mensupport setiap kegiatan yang diluncurkan oleh PKK, termasuk posyandu ini. Baik secara moril maupun materiil. Sehingga, Pos Hanzib ini bisa berjalan lancar dan rutin hingga sekarang.

“Jadwal rutinnya jatuh pada tanggal 19 setiap bulan di Posyandu Melati,” tuturnya. (mii/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »