Peserta Didik Baru Ikuti Muta'alima

Monday, July 15, 2019
GAME: Peserta didik baru sedang bermain game pada kegiatan Muta'alima. FOTO: KHOLISTIONO/JATENG POS
PATI - Peserta didik baru MA Manahijul Huda (Mahida) Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, mengikuti kegiatan Masa Ta'aruf Lingkungan Madrasah (Muta'alima), yang digelar mulai 09-11 Juli 2019.

Kegiatan Muta'alima ini sendiri, secara langsung dibuka oleh Kepala MA Mahida  Baidlowi Ahmad.Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan, jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses pengenalan kepada peserta didik baru terhadap lingkungan madrasah.

"Ini merupakan bagian dari pengenalan lingkungan madrasah ke siswa. Baik terhadap sistem pembelajaran yang ada di madrasah, fasilitas yang ada di madrasah, guru, teman dan lain sebagainya," ujarnya.

Dengan hal itu, dirinya menyebut, diharapkan peserta didik baru, nantinya tidak gagap lagi ketika sudah mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar secara reguler. Sehingga, hal ini bisa membantu mereka untuk beradaptasi lebih awal.

Dirinya menyampaikan, jika lingkungan baru tentu membutuhkan adaptasi. Sehingga, proses pengenalan lingkungan tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran kepada peserta didik baru, agar nantinya bisa lebih cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya ini, yakni di Mahida.

"Setidaknya ini bisa membuat peserta didik baru tidak canggung lagi ketika nantinya mereka masuk mengikuti kegiatan belajar mengajar reguler. Sebab, dengan mengikuti kegiatan ini, mereka sudah saling mengenal terhadap teman barunya atau kakak kelas serta guru," ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, namun juga bisa memberikan manfaat kepada peserta didik baru. Karena, ada beragam rangkaian acara yang ada dalam kegiatan tersebut. Di antaranya, tadarus Alquran, entrepreneurship, tentang Mahida dan ada juga game. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »