Pengurus KSP Dibekali Ilmu Manajemen Keuangan

Wednesday, July 31, 2019
PELATIHAN: Dinasker Perinkop dan UMK Kabupaten Kudus mengelar Pelatihan Manajemen Keuangan, yang diikuti 30 perwakilan dari KSP di Kabupaten Kudus.

KUDUS - Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus menggelar Pelatihan Manajemen Keuangan yang terpusat di Gedung Dekopinda Kabupaten Kudus yang beralamat di komplek Perkantoran Mejobo. 

Kegiatan pelatiha ini digelar selama 5 hari, mulai Senin (29/7) sampai dengan Jumat (2/8) mendatang. Pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta perwakilan pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) aktif yang terdaftar di bidang koperasi Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM, Bambang Tri Waluyo melalui Plt Kabid Koperasi Rofiq Fachri mengatakan, selama lima hari mengikuti pelatihan. 30 peserta ini akan mendapat berbagai ilmu terkait akuntanis dan manajemen keuangan. Setelah mengikuti pelatihan, ilmu yang sudah diterima diterapkan dalam KSP tempatnya bekerja.

‘’Kegiatan ini untuk membantu para pengurus KSP, agar bisa memahami akuntansi perkoperasian,’’ jelas Rofiq kepada Jateng Pos Biro Pati, Senin (29/7) kemarin.

Rofiq menambahkan, setelah 3 hari mengikuti pelatihan, para peserta pelatihan tersebut diajak mengunjungi sejumlah KSP di Muntilan Magelang. Menurutnya, KSP di wilayah Muntilan cukup bagus manajemennya, dan dapat berkembang dengan baik. Mulai dari segi manajemen hingga pengelolaan keuangannya.

Setelah mengunjungi KSP di Muntilan, Dia berharap, ilmu yang didapat dari kunjungan itu bisa diterapkan KSP masing-masing peserta. Selain itu, KSP di wilayah Muntilan bisa memotivasi peserta agar bisa menjadikan koperasinya lebih baik dari sebelumnya.

‘’Setidaknya KSP yang mengikuti pelatihan ini, dapat termotivasi saat melakukan kunjungan,’’ ujarnya.

Adapun jadwal Pelatihan Manajemen Keuangan, jelas Rofiq, dimulai pada Senin (29/7) peserta diberi materi tentang Pengantar Laporan Keungan dengan narasumber Puji Lestari, dan Laporan Keungan dengan pemateri Edi kuswantoro. Kemudian pada Selasa (30/7) mendapat materi tentang Kelembagaan Koperasi dengan pemateri Wardayadi Chomsa dan materi Pengawasan Koperasi oleh Budiyono.

Selanjutnya pada Rabu (31/7) hari ini, diberikan materi Praktek Laporan Keuangan yang dimbimbing oelh Sadi, dan materi Penilaian Kesehatan Koperasi yang dipandu oleh Edi Kuswantoro. Kemudian pada hari keempat, Kamis (1/8) mendatang, seluruh peserta diajak studi banding ke KPRI Berkah di Kabupaten Magelang.

 ‘’Hari terakhir, dari seluruh rangkaian kegiatan pelatihan yang diikuti akan dievaluasi, sekaligus penutupan kegiatan pelatihan,” paparnya. (han)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »