Penderita HIV AIDS di Pati Meningkat

Monday, July 15, 2019
FOTO ILUSTRASI
PATI - Temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pati pada 2019 menunjukkan trend meningkat. Kasus HIV/AIDS ini sebagian besar didominasi warga pendatang dan para pekerja di tempat-tempat prostitusi.

Untuk menekan jumlah penderita dan penularan HIV/AIDS sebenarnya Pemerintah Kabupaten Pati melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) telah berupaya serius, namun dalam kenyataanya temuan kasus HIV/AIDS justru cenderung meningkat.

Sekretaris KPA Kabupaten Pati Hery Supriyono mengatakan,  dalam program pencegahan dan penanggulangan penularan HIV/AIDS pemerintah tidak hanya melakukan penyuluhan dan sosialisasi saja, tetapi juga melayani perawatan dan pengobatan bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) mulai dari tingkatan puskesmas hingga rumah sakit.

“Saat ini dalam kasus HIV/AIDS Kabupaten Pati berada di urutan empat terbanyak di Jawa Tengah. Ini lebih banyak dari para pendatang yang masuk ke Kabupaten Pati dan indikatornya dari temuan penderita HIV/AIDS. Terutama banyak di temukan di tempat-tempat prostitusi,” tuturnya.

Hingga 2019 ini, HIV/AIDS di Kabupaten Pati mencapai 1.463 kasus, meninggal dunia 171 orang. Terakhir mulai Januari hingga Mei 2019 temuan HIV/AIDS ada 71 kasus. Ini terdiri dari 41 kasus HIV dan 30 kasus AIDS dan dua meninggal dunia. (gus/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »