Fokus Jaga Kebugaran Pemain

Sunday, July 14, 2019
DISKUSI: Pelatih Utama Persiku Kudus Subangkit (jaket putih) bersama tim pelatih Persiku Kudus, mengevaluasi permainan anak asuhnya saat melawan Persip Pekalongan di Stadion Wergu Wetan Kudus belum lama ini. FOTO: BURHANUDIN FIRDAUS/JATENG POS
KUDUS - Liga 3 Zona Jawa Tengah 2019 bakal digelar mulai Rabu (17/7) mendatang di Stadion Wergu Wetan Kudus. Pada putaran 1 grup 1, Persiku Kudus akan bertanding dengan BR USM Semarang. Untuk menghadapi pertandingan bergengsi tersebut, kesebelasan Macan Muria harus bisa memanfaatkan waktu jelang pertandingan untuk menjaga kebugaran.

Pelatih utama Persiku Kudus, Subangkit mengatakan, para pemain harus sebisa mungkin menjaga fisik masing-masing. Mengingat dalam laga uji coba  dengan PPLP Jateng beberapa waktu lalu, tiga pemain Persiku yaitu Ahmad Farid, Septia Hadi dan Ajudya Eka harus menepi ke pinggir lapangan karena cidera.

"Kami tidak ingin, saat kompetisi nanti pemain kami cidera serius,” ujar Subangkit belum lama ini.


Selain faktor kebugaran, lanjutnya, mental pemain juga harus digenjot. Kontrol emosi dan ketenangan pemain dalam mengeksekusi bola, terus ditekankan dalam beberapa latihan yang digelar di Stadion Wergu Wetan Kudus. Sebelum berlaga di Liga 3 Zona Jateng, semua persiapan harus dimatangkan.

Tidak cukup itu, katanya, latihan ringan masih tetap dilakukan. Kemudian pematangan strategi, agar bisa melaju ke putaran selanjutnya. Adapun opsi utama pola permainan yang akan diterapkan yaitu 4-3-3. Selama ini dengan pola permainan tersebut, berhasil mendominasi di lapangan dan kerap memaksa lawan bermain stengah lapangan. Meski demikian, pihaknya menganggap semua lawan berat.

"Tetap akan ada pengembangan lain dan strategi baru, karena kami anggap semua lawan bera,” tuturnya.

Subangkit menjelaskan, dari 12 laga uji coba yang dilaksanakan beberapa pekan kemarin, anak asuhnya baru menelan satu kali kekalahan saat melawan Persip Pekalongan di Stadion Jenderal Hoegeng Pekalongan dengan skor akhir 2-1. Empat laga lainnya berakhir seri, saat melawan PSKC Cimahi, Unsa Asmi Solo, PPLP Jateng, dan Djarum. Tujuh laga dalam laga ujicoba, Persiku menumbangkan lawan-lawannya.

"Sejauh ini, performa Persiku dalam keadaan baik dan terus mengalami peningkatan," katanya.



Meski demikian, pihaknya meminta kepada anak asuhnya tidak besar kepala, maupun meremehkan tim lawan dalam Liga 3 Zona Jateng 2019. Dia menegaskan, semua lawan terhitung berat, dan siapa saja bisa lolos ke putaran berikutnya. Sampai saat ini, Dia mengaku belum bisa melihat kekuatan lawan yang tergabung dalam group 1.

"Kami akan berjuang dengan sungguh-sungguh," jelas Subangkit.

Terpisah, Manajer Persiku Kudus, HM Bismark saat dikonfirmasi berpesan kepada pemain Persiku Kudus agar terus mengasah kemampuannya. Baik secara individu maupun secara tim dan kolektif,”Anak-anak (pemain Persiku) diharapkan juga punya mental pejuang yang tinggi," pungkasnya. (han/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »