Cegah Kematian Ibu dan Bayi Melalui Gerpak

Wednesday, July 17, 2019
SOSIALISASI: Petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Jati tengah melakukan sosialisasi gerakan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (Gerpak) ibu hamil di Desa Jati Kulon.
KUDUS - Upaya dalam meningkatkan kesehatan di wilayah Kecamatan Jati, Kudus, gencar dilakukan. Belum lama ini diluncurkan sosialisasi gerakan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (Gerpak) ibu hamil.

Kegiatan ini dilangsungkan oleh pihak UPT Puskesamas Jati dengan menggandeng kader-kader desa di 8 wilayah kerja puskesmas setempat. Terdiri dari Desa Jati Kulon, Desa Jati Wetan, Desa Loram Kulon, Desa Jetis Kapuan, Desa Ploso, Desa Pasuruhan Lor, Desa Pasuruhan Kidul, serta Desa Tanjung Karang, secara bergilir mulai 29 Juni - 8 Juli 2019.

Kepala Desa Jati Kulon Sugeng Prayitno mengaku, merasa dimudahkan dengan adanya kegiatan Gerpak ibu hamil ini. Diharapkan, melalui gerakan semacam ini, desa setempat bisa lebih terpantau tingkat kesehatannya, terkhusus bagi ibu-ibu hamil dan bayinya.

“Harapan saya ibu-ibu di desa kami dalam melahirkan sebelum dan sesudahnya dipantau oleh tim monitor di tingkat RT, sehingga balitanya bisa lahir selamat,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Sementara Kepala BLUD UPT Puskesmas Jati Amad Mochamad menuturkan, sosialisasi Gerpak ibu hamil ini dilakukan dalam rangka mencegah angka kematian ibu dan angka kematian ibu dan bayi.  Dengan melibatkan kader kesehatan desa agar pemantauan kondisi tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan maksimal.

Dipastikan oleh Ahmad, sapaan akrabnya, bahwa kader bersama tenaga kesehatan harus bisa menyisir semua ibu hamil yang ada di wilayah masing-masing, untuk mendeteksi sedini mungkin risiko dalam kehamilan.

Katanya, upaya deteksi dini faktor risiko kehamilan dirasa sangat perlu dilakukan untuk mempersiapkan persalinannya, agar ibu selamat dan bayi terlahir sehat. Pun, juga dirasa penting  untuk mencegah serta mengantisipasi faktor penyulit dalam persalinan itu sendiri. (mii/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »