Awali Rangkaian Hari Jadi Rembang dengan Ziarah

Tuesday, July 16, 2019
ZIARAH : Bupati Rembang Abdul Hafidz melakukan ziarah di makam sesepuh Kabupaten Rembang. FOTO: AHMAD SHOVA/JATENG POS
REMBANG - Berbagai kegiatan dilakukan demi menyemarakan Hari Jadi Kabupaten Rembang ke - 278, tepat tanggal 27 Juli mendatang. Sebagai kegiatan pembuka, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan ziarah ke makam sejumlah tokoh sesepuh Kabupaten Rembang, Selasa (16/7).

Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Sekda Subakti dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berziarah ke makam Bupati Lasem Tejokusumo I yang wafat sekitar tahun 1585. Kemudian mengunjungi makam Sayyid Abdurrahman Basayaiban atau yang dikenal Mbah Sambu, yang merupakan tokoh yang menyebarkan agama Islam di masa pemerintahan Bupati Lasem Tejokusumo I di komplek Masjid Jami’ Lasem. 

Penghormatan kepada para tokoh dilakukan dengan mengirimkan doa dan tabur bunga.

Bupati mengatakan, ziarah merupakan agenda rutin yang dilakukan dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Rembang. Menurutnya, ziarah termasuk agenda penting, sebab memajukan Rembang bukan semata-mata karena etos kerja, tetapi juga pengaruh dari keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

“Dengan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt maka kita mendapat poin untuk kemajuan Kabupaten Rembang. Di samping kita juga mengharap berkahnya para wali untuk Rembang agar maju, aman, tertib dan semua orang beriman," ungkapnya. 

Seusai berziarah Bupati Hafidz menyempatkan diri berbincang dan minum jahe bersama dengan Takmir Masjid Jami’ Lasem di Pendapa Teja Kusuma yang berada di sebelah barat masjid, yang saat ini dalam proses penyelesaian.  

Selain makam Mbah Sambu, ziarah juga dilakukan di makam Pangeran Sedo Laut komplek Masjid Agung Rembang, Makam Sunan Bonang, makam RA Kartini dan suaminya K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Taman Makam Pahlawan Giri Bhakti Rembang. (sov/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »