Aneka Lomba Meriahkan Sedekah Bumi di Desa Pekalongan

Tuesday, July 16, 2019
KIRAB : Kirab budaya dalam rangka sedekah bumi di Pekalongan yang digelar tahun lalu. Untuk tahun ini, kegiatan serupa juga bakal digelar lagi.
PATI - Ragam lomba meriahkan rangkaian kegiatan sedekah bumi di Desa Pekalongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Rangkaian acara ini sudah dimulai pada 10 Juli lalu, hingga pada 23 Juli mendatang.

Beberapa kegiatan yang menjadi agenda dari rangkaian acara sedekah bumi ini, di antaranya lomba Adipura, lomba makan kerupuk, membawa kelereng, memasukkan pensil ke botol, balap karung, memukul air,estafet air, cantol caping, make up istri,joget balon,turnamen voli, kirab budaya,sepak bola eksebisi, mural batik dan lain sebagainya.

Kepala Desa Pekalongan Ukhwatur Roi menyampaikan, jika pemerintah desa sangat mendukung penuh panitia dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Sedekah Bumi Desa Pekalongan Tahun 2019, yang juga dibarengkan dengan Haul Ki Ageng Rante Kencono Wulung.

"Dalam rangakain kegiatan tersebut, beberapa waktu lalu saya mengusulkan satu kegiatan, yaitu Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rumah tangga. Adapun maksud dari kegiatan tersebut yaitu dalam rangka persiapan penilaian Lomba PHBS tingkat Kabupaten Pati," ungkapnya.

Dirinya menyampaikan, jika Desa Pekalongan menjadi salah satu desa yang akan mengikuti lomba PHBS yang terpilih mewakili Kawedanan Jakenan. 

Untuk lomba PBHS di tingkat desa sendiri, nantinya, yang bertindak sebagai juri yaitu bidan desa dan tim dari Puskesmas 1 Winong.

Dirinya berharap, kegiatan yang memang rutin digelar setiap setahun sekali ini, diharapkan nantinya bisa berjalan baik dengan adanya persiapan yang maksimal tersebut.

Lebih lanjut, ia sampaikan, pada acara sedekah bumi ini, nantinya biasanya akan sangat ramai ketika acara kirab budaya. Kegiatan ini nantinya dijadwalkan digelar pada Minggu (23/7) mendatang.

"Jika mengaca pada kegiatan tahun lalu, acara kirab di Pekalongan ini sangat meriah. Ribuan masyarakat tumpah ruah di sini untuk menyaksikan acara sedekah bumi," pungkasnya. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »