Layanan JKN-KIS Tetap Prima Selama Libur Lebaran

Monday, May 27, 2019
BPJS : BPJS Kesehatan mengadakan Konferensi Pers Mudik Nyaman” bersama faskes di lantai 2 Hotel New Merdeka, Pati. Senin (27/05)kemarin.
INFOJATENGPOS/PATI – Selama libur lebaran, tepatnya mulai H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tanggal 29 Mei - 13 Juni 2019Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap bisa menggunakan fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang bepergian ke luar kota (mudik). Selain itu, jika dokter rujukan tutup. Peserta tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dimana pun itu dan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Surmiyati mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan dapat memastikan bahwa status kepesrtaannya aktif dengan disiplin membayar iuran dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

"Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore,” ungkapnyadalam Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatandi lantai 2 Hotel New Merdeka, Pati. Senin (27/05) kemarin.

Aplikasi tersebut, lanjutnya menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat diaplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Kita juga ada 5 petugas on call yang siap dihubungi. Yakni Regina Br Silulingga 08112798994, Bonaventura A.S 08112751277, Noerwida R Sasiwi 081325741447, Slamet Widodo 08112644248, dan Dita Utaminingsih 08112547656,” jelasnya.

Sementara itu, kabit PSDK Dinkes Pati Luther yang juga hadir dalam acara tersebut menambahkan, bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga bisa datang ke posko mudik.

“Di Pati ada beberapa titik posko yang menyediakan ambulan dan tenaga medis. Seperti di Depan Terminal Pati, GOR Puri, Dua kelinci, Widorokandang, Juwana, dan Sukolilo,” pungkasnya. (*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »