Stadion Joyokusumo Juga Akan Diperbaiki

Friday, January 25, 2019


INFOJATENGPOS/PATI - Setelah menuai berbagai tanggapan miring terkait rencana penanaman rumput standar FIFA di Alun-Alun Kota Pati. Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati angkat bicara. Penjelasan itu disampaikan melalui Kabid Cipta Karya (DPUTR) Kabupaten Pati, Arif Wahyudi.

Pada kesempatan kemarin, Arif menjelaskan, bahwa tidak hanya ruput di Alun-alun saja yang akan ditata dengan ditanami rumput yang berkualitas bagus, namun rumput di Stadion Joyokusumo juga akan turut diperbaiki.

Bahkan Arif mengatakan,  bulan depan Detail Engineering Design (DED) atau bestek gambar kerja detail terkait pengadaan rumput lapangan Stadion Joyokusumo itu sudah akan dilelang, dan nilainya jauh lebih besar ketimbang rumput yang akan ditanam di Alun-Alun Pati tahun ini.

"DED-nya dilelang Februari, dan akan masuk Renja 2020, satu paket dengan pembangunan jogging track berbahan rubber atau karet serta  lampu sorot besar di dalam stadion. Total nilainya mencapai Rp 18 hingga 20 Milyar. Khusus untuk rumput stadion diperkirakan anggarannya sekitar 17 % dari nilai keseluruhan ", terang Arif

Dia menambahkan rumput yang akan ditempatkan di Stadion Joyokusumo anggaranya justru jauh lebih besar ketimbang rumput di Alun-Alun Pati.

"Kalau kemarin ada yang mentafsirkan bahwa rumput yang akan ditanam di  Alun-Alun senilai Rp 10 Milyar itu perlu diluruskan. Angka sepuluh milyar itu adalah biaya total untuk proyek pembangunan Alun-Alun, sedangkan yang terpakai untuk pengadaan rumput hanya 4%-nya saja atau hanya sekitar Rp 400 juta", terangnya.

Selebihnya atau yang 96% nya, lanjut Arif, akan digunakan untuk paving granit, peninggian Alun-Alun, serta rehab saluran dan trotoar di sisi selatan.

Sebelumnya banyak warga yang menyayangkan kebijakan dari Pemkab Pati yang terkesan lebih mengutamakan penataan rumput di kawasan Alun-Alun, ketimbang memperbaiki lapangan di Stadion Joyokusumo yang selama ini menjadi tempat olag raga kebanggaan warga di Kota Bumi Mina Tani.

Menurut informasi, nantinya lapangan yang berada di tengah Alun-Alun akan ditanami dengan rumput jenis manila. Rumput jenis itu biasanya ditaman di lapangan sepakbola internasional yang berstandar FIFA. Sementara di sisi lain,  warga menilai kondisi lapangan sepakbola yang berada di komplek Stadion Joyokusumo saat ini kondisinya memprihatinkan.

Berbagai komentar miring pun kemudian banyak bermunculan di halaman media sosial. Bahkan, lontaran protes juga disasarkan ke akun Instagram milik Sekreataris Daerah (Setda) Kabupaten Pati, Suharyono.

Dari salah satu foto yang diunggah akun instagram @Suharyono.Suharyano.73550 terlihat Sekda Pati itu sedang memposting foto dirinya saat berpose dengan latar belakang lapangan hijau bermotif garis garis ala lapangan berkelas internasional, dalam gambar itu tangan Suharyono menunjuk ke arah rumput, sembari memberi caption "Rumput yang akan ditanam di Alun-Alun Pati".

Salah satu pengguna instagram dengan akun @al_asyiqfc, kemudian menimpali foto yang diunggah Suharyono dengan komentar:

"Saya kira untuk rehabilitasi di Stadion Joyokusumo Pak...yang rumputnya kurang bangus untuk level stadionya kabupaten," tanya akun berfoto profil club sepak bola itu.

Dalam percakapan itu @al_asyiqfc juga memberikan saran "Kalau hanya untuk hiasan dan tempat nongkrong, lebih baik pakai rumput sintetis dan rumput itu mending ditanam di Stadion Joyo Kusumo", sambungnya.

lalu dijawab dengan singkat oleh @Suharyono.Suharyano.73550 " Kalau di alun2 berhasil lanjut ke stadion,". (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »