Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Bayu Optimis Rembang Matoh

Friday, November 06, 2020
Bayu Andriyanto bersama istri, Vivit Dinarini saat berkunjung di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Rembang, beberapa waktu lalu.

REMBANG – Calon wakil Bupati petahana, Bayu Andriyanto optimis angka kemiskinan di Kabupten Rembang dapat terus ditekan hingga mampu mengangkat kota garam terbebas dari jurang kemiskinan. Hal itu berdasarkan kesuksesannya pada periode sebelumnya. 

Bayu Andriyanto, calon wakil Bupati nomor urut 1 optimis mampu mengulang prestasi dalam hal penurunan angka kemiskinan, bersama Harno yang maju sebagai calon Bupati. Optimisme itu pun dituangkan dalam program Rembang Matoh, sebagai jargon pasangan Harno – Bayu. 

“Mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat menjadi salah satu misi kami. Bersama pak Harno, kami optimis,” kata Bayu, Jumat (6/11/2020). 

Bayu menyebut, beberapa program pendukung target tersebut yakni pengembangan produktivitas kualitas, dan kesejahteraan pekerja. Didukung dengan optimalisasi sistem dan kelembagaan perlindungan sosial. 

“Optimalisasi terhadap system dan kelembagaan bagi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penurunan jumlah penduduk miskin melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan akses kualitas hidup berbasis keluarga,” terangnya. 

Tak hanya itu, program penduduk lainnya yakni peningkatan kualitas, kuantitas dan kapasistas infrastruktur wilayah. Serta optimalisasi sarana dan prasarana sumberdaya air untuk pemenuhan kebutuhan air baku. 

"Jelasnya, upaya kami kedepan, yakni pemetaan jenis kemiskinan dengan bentuk intervensi kegiatannya adalah program peduli kasih memberikan bantuan makan gratis kepada lansia sehari 2 kali. Serta bekal pelatihan ketrampilan dan membentuk kelompok usaha bersama," paparnya. 

"Selain pemetaan jenis kemiskinan, kita juga akan lakukan pemetaan lokasi kemiskinan, RTLH, Jaring Pengaman Sosial, peningkatan pelayanan pendidikan, sampai pada peningkatan pelayanan kesehatan. Sehingga bukan hanya program, tapi kita sudah siapkan implementasinya sampai merinci," lanjut Bayu. 

Bayu Andriyanto, selama menjabat sebagai wakil Bupati periode 2015 – 2020, juga dipercaya sebagai ketua tim koordinator penanggulangan kemiskinan (TKPK) Kabupaten Rembang. Selama itu pula, angka kemiskinan di Kabupaten Rembang mengalami penurunan tiap tahunnya. 

“Berdasarkan data terakhir, angka kemiskinan pada tahun 2019 sebesar 14,95 persen. Dibanding pada tahun 2018 angka kemiskinan Kabupaten Rembang sebesar 15,41 persen. Artinya ada selisih sebanyak 0,46 persen,” papar Bayu. (gus)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »