Soal Anggaran, Manajemen Persiku Diminta Terbuka

Sunday, November 22, 2020

LATIHAN FISIK: Foto ilustrasi pemain Persiku Kudus saat mengikuti latihan fisik di Stadion Wergu Wetan Kudus. 


KUDUS-Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kudus dari Fraksi PKS, Sayid Yunanta, meminta Manajemen Persiku Kudus terbuka soal anggaran yang sudah dikucurkan dari APBD Kabupaten Kudus. Dorongan ini menindaklanjuti keputusan Asprov PSSI Jawa Tengah tentang ditiadakannya Kompetisi Liga 3 Jateng 2020, dan keputusan pemulangan pemain dan pelatih Persiku Kudus.    

‘’Keterbukaan penggunaan anggaran Manajemen Persiku penting dilakukan,’’ ujar Sayid, baru-baru ini.      

Menurut Dia, tujuan dari transparansi anggaran itu adalah untuk memudahkan Manajemen Persiku mengambil kebijakan selanjutnya. Salah satunya soal kucuran anggaran dari APBD Perubahan 2020. Selain itu, masyarakat berhak mengetahui pemanfaatan anggaran publik itu, mulai dari pembentukan tim Macan Muria, hingga soal ditiadakannya kompetisi.      

‘’Semua itu harus disampaikan secara terbuka kepada publik,’’ tandasnya.    

Sayid Yunanta, Anggota Komisi D DPRD Kudus

Disinggung soal alokasi dari APBD Perubahan untuk kesebesalan Persiku Kudus, dirinya pun tidak menampik. Namun, politisi PKS tersebut meminta perlu ada kajian ulang anggaran yang sudah dikucurkan itu untuk apa, mengingat Kompetisi Liga 3 Jateng tidak digelar.     

‘’Jadi perlu ada kejelasan sebelum dilakukan pencairan,’’ imbuhnya.      

Sebelumnya, Managemen Tim Kesebelasan Persiku Kudus kembali mendapat kucuran dana dari Pemkab Kudus sebesar Rp 800 juta yang bersumber dari APBD Perubahan 2020. Setelah sebelumnya menerima kucuran anggaran melalui Askab PSSI Kudus sebesar Rp 900 juta, dengan rincian termin pertama RP 400 juta dan termin kedua Rp 500 juta.

‘’Kami tambahkan sebesar Rp 800 juta, jadi totalnya Rp 1,7 miliar,’’ jelas Plt Bupati Kudus, Hartopo saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus.

Hartopo menuturkan, anggaran yang diberikan itu disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan manajemen Persiku tahun 2020. Dengan dadanya anggaran tersebut, diharapkan tim Macan Muria Kudus dapat terus mengikuti kompetisi dan meraih juara di Liga 3 Jawa Tengah 2020.

‘’Saya harapkan manajemen dapat memanfaatkan potensi lokal sehingga pembinaannya berjalan,’’ ujarnya.

Terpisah, Manajer Persiku Kudus, Sunarto mengatakan, kucuran dana tersebut akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk persiapan tim. Sehingga saat kompetisi Liga 3 Jateng di gelar, semua pemain dapat bermain sebaik mungkin.

‘’Kami akan pergunakan semaksimal mungkin, agar bisa berbicara banyak dengan anggaran yang diberikan,’’ katanya. (han)




 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »