PWI Pati Nilai Jurnalis Punya Tugas Tambahan di Era Medsos

Wednesday, November 11, 2020
Ketua PWI Pati, Moch Noor Efendi 

Pati
– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati menilai jurnalis mempunyai tugas tambahan di era digital ini. Awalnya jurnalistik setidaknya hanya mempunyai 4 fungsi, namun di era media sosial ini, fungsi jurnalistik bertambah satu. Menurut Ketua PWI Pati, Moch Noor Efendi sebelum adanya era digital, jurnalis mempunyai empat fungsi, yakni sebagai media informasi, sebagai media edukasi, sebagai media hiburan dan fungsi sebagai kontrol sosial.

“Era medsos luar biasa. Fungsi kami tambah satu dengan mengkonfirmasi informasi yang berada di media sosial,” ujar lelaki yang akrab disapa Fendi ini saat berdialog dengan Humas Polres Pati, Mako PWI Pati, Rabu (11/11/2020) kemarin. Informasi di media sosial yang begitu cepatnya menurut jurnalis untuk mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Maka dari itu, ia meminta para pemangku kebijakan untuk proaktif dalam rangka mewujudkan produk jurnalis yang sehat.

“Itulah mengapa kita harus menjalin sinergitas semua pihak terutama saat pandemi ini. Selain sinergitas itu kita juga perlu asupan informasi yang valid dari sumber yang kompeten dan perlu dipertanggungjawabkan,” tutur Fendi. Ia mengakui ada beberapa instansi yang belum terbuka dan transparan kepada publik maupun pihaknya. Meskipun demikian ia berharap, Polres Pati tidak menjadi lembaga yang demikian. “Kami berharap ke depan di Polres ada keakraban yang lebih yang saling memberikan informasi,” harapnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Pati, AKP Suharning berkomitmen akan terus menjalin sinergitas dengan PWI Pati. Meskipun Desember nanti ia purna tugas, komitmen ini akan ditularkan kepada penerusnya. “Mohon maaf apabila saya kalau menjabat ada kekurangan dan sebagainya. Harapan saya, ke depan mohon bantuan kang Fendi,” tandasnya. (Adv)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »