Macam – Macam Kekerasan Perempuan di Pati dari KDRT Dan Lain-lainnya

Saturday, November 14, 2020

 

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Etik Trihartanti

Pati – Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati ada 8 kekerasan terhadap perempuan pada kurun waktu bulan Januari hingga awal November.

“Kalau yang perempuan hingga saat ini baru 8 kasus,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Etik Trihartanti, Sabtu (14/11/2020) pagi.

Kasus-kasus ini terbagi dari berbagai tindakan kekerasan. Di antaranya, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelecehan seksual begal payudara dan kekerasan seksual. Jumlah tersebut didapatkan dari laporan yang diterimanya serta dari laporan yang diterima pihak kepolisian. Namun, jumlah tersebut hanyalah kasus-kasus yang telah dilaporkan.

 Polisi masih dalami adanya korban lain. Kasus pelecehan masih ada beberapa kasus yang tidak tercatat karena tidak ada laporan dari korban maupun masyarakat. Padahal berdasarkan peraturan perundang-undangan setiap orang yang mengalami, mendengar atau melihat kejadian kekerasan terhadap perempuan diminta untuk melapor ke pihak yang berwajib. Selain itu, meskipun kasus-kasus yang terdata ini telah ditangani pihak kepolisian, namun beberapa kasus berhenti di tengah jalan.

“Padahal polisi sudah buat BAP, tetapi karena korbannya mencabut laporan jadi ndak bisa dilanjutkan proses hukumnya,” tuturnya. Ia pun menyayangkan hal semacam ini. Menurutnya hal ini membuat para pelaku tindak kekerasan melenggang bebas tanpa mempertanggungjawabkan perbuatannya. Selain itu, hal ini juga menjadi preseden yang buruk untuk penegakan hukum. Dan kejadian kasus semacam ini dikhawatirkan terulang lagi. Meskipun demikian pihaknya berharap tidak adanya penambahan kasus di tahun ini.  
Jumlah tersebut didapatkan dari laporan yang diterimanya serta dari laporan yang diterima pihak kepolisian. Namun, jumlah tersebut hanyalah kasus-kasus yang telah dilaporkan. (Adv)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »