Komisi D DPRD Pati Gelar Audensi Penanganan Jasad Pasien Covid

Tuesday, November 10, 2020

 

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto

PATI - Komisi D DPRD Kabupaten Pati beraudensi bersama pimpinan rumah sakit pemerintah, pimpinan Puskesmas, BPBDm perwakilan kades se Kabupaten Pati. Audensi yang berlangsung secara virtual, Selasa (10/11), membahas isu liar yang berkembang di masyarakat terkait stigma mengcovidkan pasien dengan riwayat probable covid.

Stigma mengcovidkan pasien dengan riwayat probable corona, merupakan kecurigaan yang berlebihan yang dialamatkan kepada rumah-rumah sakit di Pati terutama rumah sakit yang menangani covid-19. Untuk itu, Komisi D DPRD Kabupaten Pati berkepentingan mengajak pihak-pihak yang terkait beraudensi untuk membahas penanganan covid-19 di rumah sakit.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto mengatakan, audensi tersebut untuk mediasi terkait isu pasien dengan riwayat probable yang meninggal dirumah sakit dicovidkan. Padahal, semua yang sudah dilakukan rumah-rumah sakit sesuai Peraturan Meteri Kesehatan (Pemenkes) yang telah mengalami perubahan hingga 5 kali.

“Peraturan ini harus dilakukan, rekomendasi Komisi D adalah untuk melakukan sosialisasi berdasarkan SOP nya. Mulai dari sebelum rumah sakit hingga ketika terjadi meninggal pasien harus disosialisasikan,”kata Wisnu Wijayanto.

Untuk itu, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati mengimbau tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati segera membentuk tim sosialisasi untuk menangani hal ini. “Karena hal ini penting, sehingga ketika ada yang belum tahu terkait proses penanganan pasien atau jenazan Covid-19 yang turun adalah tim Gugus Tugas. Tim ini nantinya terdiri dari Kodim, Polres, serta DKK," terangnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edy Siswanto mengatakan, keterlambatan hasil uji Swab-PCR dan baru diketahui tiga hari setelah jenazah dimakamkan, karena selama ini laboratorium rujukan berada di Kabupaten Jepara dan Labkesda Semarang, dengan kapasitas terbatas. Hingga sekarang, penanganan covid-19 di Kabupaten Pati berdasarkan informasi situs covid19.patikab.go.id, pasien yang meninggal dunia terkonfirmasi corona sejumlah 89 orang.(adv)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »