Hujan Lebat di Desa Gadudero Akibatkan Banjir Bandang di Jalan Sukolilo-Kayen

Friday, November 13, 2020

Banjir di Jalan Sukolilo - Kayen

Pati – Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Gadudero mengakibatkan banjir bandang di Jalan Sukolilo-Kayen, Jumat (13/11/2020). Hujan yang yang turun sekira pukul 12.00 hingga 14.00 WIB ini juga menyebabkan kemacetan bagi pengguna jalan. Curah hujan yang lebat mengakibatkan gorong-gorong yang berkapasitas kecil tidak mampu menampung debit air yang besar. Akibatnya air meluap ke jalan dan membanjiri jalanan.
Sementara hingga berita ini diterbitkan, kondisi banjir sudah mulai surut dan lalu lintas sudah lancar.

Seperi diketahui sebelumnya Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengimbau adanya fenomina La Nina yang berdampak terhadap tingginya intensitas hujan. Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supari mengatakan dampak tersebut bergantung pada musim dan bulan, wilayah serta intensitasnya.

“Berdasarkan analisis dari potret data suhu permukaan laut di Pasifik, saat ini La Nina sudah teraktivasi di Pasifik Timur,” ujar Supari sebagaimana dikutip dari siaran pers BNPB, Kamis (1/10/2020).

“Kondisi ini dapat memicu frekuensi dan curah hujan wilayah Indonesia pada bulan-bulan ke depan, bahkan hingga April tahun depan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya,” lanjutnya menjelaskan. Supari mengungkapkan, dampak La Nina dapat memicu curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal. Sehingga potensi banjir, banjir bandang dan tanah longsor ke depan perlu diwaspadai oleh masyarakat. (ADV)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »