Giliran Oknum ASN Pengelola Pasar Dilaporkan ke Bawaslu Rembang

Saturday, November 28, 2020

 


REMBANG - Dua orang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang. Mereka dilaporkan oleh LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) distrik Rembang, pada Sabtu (28/11/2020).

Ketua distrik GMBI Rembang, Ahmad Suripto menyebut ASN yang dilaporkan diketahui bertugas sebagai petugas pengelola salah satu pasar di Kabupaten Rembang. Ikut dalam kegiatan kampanye di sebuah rumah yang berada di Kecamatan Pamotan.

"Kami melaporkan dugaan pelanggaran netralitas ASN. Yang dilaporkan petugas pasar, dia melakukan kampanye dan mendukung salah satu paslon," kata Suripto kepada wawancara usai melakukan pelaporan di kantor Bawaslu Rembang.

Ia menyebut, GMBI telah mengantongi sejumlah bukti foto dan video oknum ASN bersangkutan sebagai bahan pelaporan kepada Bawaslu Rembang. Pun pihaknya juga telah mengklarifikasi kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM. 

"Kami sudah mengklarifikasi ke Indagkop berbekal foto dan video. Dan memang dibenarkan. Itu dia berkampanye di rumah, di area Pamotan itu. Dalam video itu jelas-jelas dia berkampanye, mendukung salah satu paslon," terangnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Rembang M Dhofarul Mutaqin menjelaskan, atas pelaporan tersebut pihaknya menargetkan, jika lolos registrasi maka setidaknya pekan dekan kasus tersebut sudah dapat ditindak lanjuti. 

"Terhitung jam 10.50 WIB tadi, dari GMBI terkait dugaan netralitas ASN yang ada bekerja di pasar. Kalau dari syarat buktinya sih sudah memenuhi ya, saksi segala macamnya. Kalau memang itu nanti layak diregister, ada waktu 3 + 2 hari untuk menindaklanjuti laporan tersebut," pungkasnya. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »