Dewan Ungkap Alasan Masalah Biaya Umrah Lebih Mahal di Masa Pandemi

Wednesday, November 04, 2020
Suasana Mekah

Pati
– Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan jamaah umrah dari luar negeri memasuki tanah suci sejak 1 November 2020. Santi Rohman Selaku Kepala Cabang Dewangga Umroh lil hajj Pati memastikan, biaya umrah di tengah pandemi lebih mahal lantaran biaya regulasi dan akomodasi protokol kesehatan covid-19  ditanggungkan kepada jamaah.

Lebih jelasnya, sebelum berangkat jamaah diwajibkan mengikuti PCR/SWAB test untuk membuktikan bahwa dirinya bebas dari Covid-19. Para jamaah juga diwajibkan karantina sebanyak tiga kali.

“Ada juga karantina 3 hari di Jakarta. Di Madinah karantina 3 hari lagi. Pulang dikarantina lagi 3 hari. Itu ditanggung jamaah,” kata Santi, Rabu (4/11/2020).

Akomodasi transportasi dan penginapan juga biayanya meningkat karena menerapkan social distancing. “Akomodasi bus travel yang biasanya bisa menamping 40 jamaah, sekarang hanya boleh 20 jamaah saja. Di hotel juga, satu kamar dengan kapasitas  empat orang harus digunakan dua orang saja,” imbuhnya. Untuk taksiran biaya tambahan yang harus dibayarkan jamaah, diperkirakan mencapai Rp10 hingga Rp15 juta diluar biaya pokok. (Adv)

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »