Dewan Pati Ajak Rubah Pandangan Perempuan di Belakang Laki-laki

Saturday, October 31, 2020
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Endro Dwi Cahyono


Pati
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Endro Dwi Cahyono mengajak perempuan untuk merubah mindset perempuan di belakang laki-laki. Menurut putra asli Pati ini perempuan memiliki hak yang sama dengan kaum adam. Bahkan banyak jabatan-jabatan di negara ini maupun dunia dipangku oleh perempuan.

“Ayo kita mengajak merubah pola pikir, dimulai dari kita sendiri. Mindset dulu bahwa perempuan di belakang, ora oleh berpolitik itu dirubah. Perempuan itu sama. Sudah banyak kebijakan strategis dipangku oleh perempuan,” ujar Endro, Sabtu (31/10/2020).

Ia mencontohkan Menteri Keuangan yang dipangku oleh Sri Mulyani selama beberapa tahun. Selain itu Menteri Sosial Ida Fauziah juga salah satu cerminan bahwa perempuan mempunyai hak yang sama dengan lelaki dan mempunyai andil dalam memajukan negara.
Hal tersebut diungkapkan Endro dalam dialog bersama yang diselenggarakan Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah di Desa Winong Kecamatan Pati. Dialog dengan tema Meningkatkan Partisipasi dan Kapasitas Perempuan Potensial dalam Program Pengembangan Keputusan Kabupaten Pati dihadiri berbagai perwakilan instansi dan anggota-anggota PKK. Perwakilan Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah Sri Dewi meminta kaum perempuan meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan kaum lelaki.

“Perempuan harus pintar,” kata Sri Dewi. Kualitas ini untuk menunjang kesetaraan hak dan kewajiban. Dengan kualitas ini perempuan tidak dipandang sebelah mata dan suaranya lebih didengar baik dalam kehidupan bernegara maupun kehidupan rumah tangga. “Proses pengambilan keputusan bukan hanya di pemerintahan atau di dewan. Tatapi juga di keluarga. Itu ada tekniknya, di RT, di RW, di desa. Perempuan bisa ikut mengambil keputusan,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Desa Winong Wicaksono berharap acara ini dapat diserap para peserta dan dapat membuat perempuan sadar akan hal dan kewajibannya. “Semoga bermanfaat,” tandasnya. (ADV)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »