Susulan, BPD 4 Desa Baru Dilantik

Monday, May 04, 2020
SUSULAN: Empat desa di Kabupaten Rembang diminta segera mencairkan APBDes terutama untuk penanganan Covid-19, setelah dilantiknya para anggota BPD.
REMBANG - Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 4 desa dari 2 Kecamatan, hari Senin (4/5), dilantik di aula  Kantor Bupati Rembang. 

Para anggota BPD periode 2020 - 2026 yang dilantik berasal dari Desa Mojokerto serta desa Balongmulyo, Kecamatan Kragan, Desa Lodan Kulon dan Desa Bonjor; Kecamatan Sarang.

Bupati Rembang Abdul Hafidz seusai melantik mengingatkan kepada BPD 4 desa tersebut segera membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang salah satunya tentang penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di desa. Pasalnya di desa lain sudah hampir selesai pencairan. Pihaknya berharap di bulan Juli sudah dapat dicairkan semua.

"Empat desa ini ketinggalan. Nanti masyarakatnya pasti teriak- teriak. Desa yang lain sudah cair, disini belum apa- apa. Ini Kepala Desanya gimana? Ini BPDnya gimana? Ini nanti pasti akan menjadi pembicaraan masyarakat," kata Hafidz.

Selain itu Bupati juga mendorong BPD yang baru dilantik membentuk tim relawan percepatan penanganan Covid-19 untuk menentukan warga penerima bantuan. Dengan struktur organisasi Kepala Desa sebagai Ketua, Ketua BPD sebagai Wakil Ketua dengan keanggotaan seluruh Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Bupati menerangkan tugas BPD sesuai dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 55 yaitu membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (raperdes) bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.(sov/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »