RSUD Kudus Bakal Miliki Alat RT-PCR

Monday, May 11, 2020
Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, dr Abdul Aziz Achyar
KUDUS - RSUD dr Loekmono Hadi Kudus bakal miliki alat real time polymerase chain reaction (RT-PCR) dalam waktu dekat ini. Alat yang didatangkan dari luar negeri itu disebut bisa mempercepat hasil swab pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus Abdul Aziz Achyar mengatakan, alat RT-PCR senilai Rp 1 miliar itu bantuan dari Djarum itu diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Jumat (8/11) kemarin. Namun diakui, sampai saat ini belum juga tiba sampai sekarang.

"Katanya Jumat kemarin sudah tiba, tetapi sampai sekarang belum sampai,’’ kata Aziz saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (11/5).

Disinggung soal kecanggihan, Aziz menuturkan, alat modern tersebut dapat memeriksa sampel dahak pasin Covid-19 hingga 96 sampel dalam satu hari. Sehingga bisa mempercepat penanganan pasien yang tengah di rawat di rumah sakit rujukan.

"Tapi karena alatnya masih baru, kami belum bisa maksimalkan. Minimal setengahnya dulu,’’ imbunnya.

Pihaknya juga mengatakan, saat ini tengah melakukan persiapan sambil menunggu alat itu tiba di rumah sakit plat merah tersebut. Persiapan yang dilakukan diantaranya mengirim sejumlah tenaga analis laboratorium mengikuti pelatihan di Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga.

Sambung Aziz, sejumlah tenaga analis laboratorium itu akan menjalani pelatihan selama empat hari terhitung mulai Senin hingga Kamis (11-14/5). Selama mengikuti pelatihan, tenaga analis laboratorium tersebut tidak menginap atau pulang pergi Kudus-Salatiga.

"Kami yang menyediakan mereka transportasi ke sana,’’ ungkapnya.

Terpisah, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi menjelaskan, alat RT-PCR tersebut nantinya akan mempercepat proses hasil swab. Sedang jumlah peserta pelatihan yang dikirim ada sembilan orang, terdiri dari tenaga analis dan dokter spesialis.

"Jika alat itu sudah datang, tidak perlu lagi mengirimkan hasil swabnya dan tidak perlu lagi menunggu waktu lima hingga tujuh hari untuk memperoleh hasil swab,’’ pungkasnya. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »