‘Ojo Mudik’ Jadi Karya Terakhir Didi Kempot yang Dirilis Sebelum Meninggal Dunia

Tuesday, May 05, 2020
MELAYAT:Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (paling kanan) mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya penyanyi Didi Kempo.
SOLO - Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa, (5/5/2020). Ia mengembuskan napas terakhirnya di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Sebelum meninggal, Didi Kempot baru saja merilis sebuah karya baru. Lagu itu adalah anjuran untuk tidak mudik dengan bahasa Jawa, ‘Ojo Mudik’.

Di lagu tersebut, Didi Kempot juga berkolaborasi dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Bukan itu saja, ada juga Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rivai.

Pengambilan video musik tersebut bahkan dilakukan di Joglo Rumah Dinas Loji Gandrung, sepekan lalu. Prosesi rekaman juga dilakukan di lokasi yang sama.

Didi Kempot dinilai memiliki massa yang banyak. Dengan dirilisnya ‘Ojo Mudik’, setidaknya penggemarnya akan mendengarkan dan diharapkan benar-benar tidak melakukan mudik untuk tahun ini karena pandemi Corona.

Selain anjuran untuk tidak mudik, dalam lirik lagu tersebut juga berisi ajakan mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker dan menjaga jarak. Semua pesan itu dibalut dengan lirik sederhana khas Didi Kempot yang mudah diingat.

Saat ini, lagu itu adalah karya terakhir Didi Kempot yang dirilis. Pria pemiliki julukan The Lord of the Broken Heart itu mengembuskan napas terakhirnya pada pagi ini.

Hal tersebut dibenarkan Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez. Lord Didi, julukannya, meninggal pagi ini, Selasa (5/5) pukul 07.45 WIB.

“Betul, meninggal pagi ini di RS Kasih Ibu. Sudah saya cek ke dokter jaga,” ujar Divan kepada detikcom.

Menurutnya, Didi masuk rumah sakit baru pagi ini. Namun dia belum mengetahui secara pasti penyebab meninggalnya Didi Kempot.

“Infonya pukul 07.30 WIB tadi baru masuk. Penyebabnya masih saya cek dulu,” katanya.
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya penyanyi Didi Kempot. Bukan baru-baru ini saja keduanya akrab, Rudy mengatakan sudah sangat akrab dan dekat dengan Didi dan keluarga besarnya sejak lama.

“Saya sangat-sangat kehilangan. Tidak hanya dekat, mulai dari Mbah Ranto dan anak-anaknya, semua akrab. Sama-sama wong (orang) jalanan,” kata Rudy kepada wartawan di RS Kasih Ibu, Solo, Selasa (5/5)

Didi Kempot memang berasal dari keluarga seniman terkenal di Solo. Ayahnya, almarhum Ranto Edi Gudel adalah seorang komedian kenamaan. Sedangkan saudaranya-saudaranya juga mewarnai blantika seni di bidang masing-masing, di antaranya (alm) Mamiek Prakoso (pelawak), (alm) Sentot Selino (penyanyi), Eko Gudel (penari).

Rudy mengaku terpukul karena merasa tidak mendapat firasat atau tanda-tanda sahabatnya itu akan pergi secepat itu. Bahkan dia mengaku kemarin masih sempat saling menghubungi lewat telepon.

Penyanyi campursari kenamaan, Didi Prasetyo atau beken dengan nama panggung Didi Kempot meninggal dunia di RS Kasih Ibu Solo pagi ini. (udi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »