Kasus Covid-19 di Kudus Capai 37 Kasus

Sunday, May 03, 2020
PEMULASARAN JENAZAH: Foto ilustrasi tim nakes RSUD dr Loekmono Hadi Kudus melakukan pemulasaran covid-19 sesuai protokol kesehatan.
KUDUS - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus merilis ada 10 tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit rujukan, terkonfirmasi terpapar Covid-19 pada Minggu (3/5) siang. Puluhan nakes tersebut sebelumnya telah dirapid test dan hasilnya reaktif, kemudian dilakukan swab dan hasilnya baru keluar pada Sabtu (2/5) lusa kemarin.

Dengan adanya kasus baru tersebut, jumlah pasien yang terkonfimasi positif covid-19 di Kabupaten Kudus sebanyak 37 pasien. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr Andini Aridewi, saat menggelar video konferensi pers, Minggu (3/5) siang.

"Sepuluh tenaga medis tersebut masih dirawat secara intensif di dua rumah sakit rujukan,’’ kata Andini.

Sedang kondisi kesehatannya, lanjutnya, sampai Minggu siang kemarin masih dalam keadaan baik. Bahkan tidak ada gejala seperti pasien terinfeksi virus corona seperti batuk kering, sesak nafas dan demam tinggi.

"Semua kondisinya baik,’’ imbuhnya.

Secara rinci, Andini menuturkan, sepuluh nakes tersebut tidak semua asal Kota Kudus, dua nakes berasal dari Semarang dan tiga nakes merupaan warga Kabupaten Demak.

Sedang lima nakes dari Kudus, sambungnya, empat orang merupakan warga Kecamatan Jati dan satu orang warga Kecamatan Bae. Adapun jenis kelamin nakes tersebut, enam nakes perempuan dan empat nakes lainnya laki-laki.

"Saat ini kami tengah memperdalam tracking karena sepuluh nakes ini tidak memiliki kontak erat dengan pasien covid-19,’’ ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan catatan tim gugus tugas covid-19 Kudus di website resminya per Minggu (3/5) pukul 16.00 WIB, jumlah orang tanpa gejala (OTG) covid-19 berjumlah 141 masih dipantau dan 24 orang selesai dipantau.

Sedang jumlah orang dalam pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 173 orang masih dipantau dan 158 orang selesai dipantau. Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan negatif, tercatat berjumlah 127 pasien.

Kemudian sebanyak 37 PDP dinyatakan positif covid-19, 54 pasien dinyatakan pulang sehat, dan 32 pasien lainnya saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan. Selain itu, ada tiga pasien dirujuk ke rumah sakit lain dan 23 PDP meninggal dunia. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »