Desa Langse Akan Buat Wisata Waterboom

Thursday, May 28, 2020
Proses pembangunan Langse Waterboom dan cagar budaya ‘Loji Londho 1830’ lengkap dengan taman dan pusat oleh-oleh dari produk unggulan UMKM setempat.
PATI - Selain mengembangkan energi bioreaktor sebagai pengganti listrik ataupun genset. Desa Langse yang terletak di Kecamatan Margorejo kini juga mulai menggalakkan program desa wisata dengan tiga unggulan yang akan di kembangkan.

“Salah satu yang akan kita garap adalah Langse Waterboom yang meliputi kolam renang dewasa, Waterboom untuk anak dan cagar budaya ‘Loji Londho 1830’ lengkap dengan taman dan pusat oleh-oleh dari produk unggulan UMKM setempat,” ungkap Kades Langse, Amrudin.

Bahkan, lanjutnya dalam konsep pembangunannya, akan ada panggung hiburan di area kolam. Dalam pertunjukan, nantinya Pemdes Langse menggandeng para seniman desa setempat.

“Untuk sumber dana renovasi ‘Loji londo’ dan waterboom ini kita menggunakan Dana Desa (DD) dan juga Bankeu Provinsi,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelaksanaanya, dilakukan oleh TPK (tim pengelola kegiatan) dan didampingi pendamping desa resmi maupun konsultan. Semua rencana pembangunan pun lewat usulan skala prioritas musrenbangdes.

“Untuk pembangunan ini, kita juga tidak menelantarkan pembangunan infrastruktur lain seperti aspal jalan-jalan gang maupun drainase yang Alhamdulillah hampir semua merata di seluruh wilayah Desa Langse,” katanya.

Dalam pembangunan Waterboom itu, menggunakan DD dengan beberapa tahapan. Sebagaimana tertulis dalam papan pembangunan, yakni sebagai pembangunam Kolam renang dan waterboom dengan DD tahap I Rp.271.156.000., DD tahap II Rp.318.860.000., dan DD tahap III Rp.179.984.000. Dengan total keseluruhan mencapai Rp. 770.000.000

“Namun pelaksanaannya sedikit terkendalan sebab DD ini terpangkas, yaitu untuk dana penanggulangan Covid-19. Namun insyaallah akan selesai tahun depan. Dan kami akan mengundang Bapak Ganjar Pranowo untuk meresmikan pada 2021 nanti. Meskipun jika nanti saya sudah tidak menjabat sebagai Kades, namun saya akan mendorong kades berikutnya untuk menuntaskan program ini,”pungkasnya. (mel/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »