Tinjau Tempat Karantina dan Posko Covid - 19

Sunday, April 26, 2020
POSKO SIAGA TERMINAL JATI: Plt Bupati Kudus bersama Forkopimda dan OPD terkait meninjau Posko Siaga Covid-19 di Terminal Induk Jati, Sabtu malam.
KUDUS - Jajaran Forkopimda Kabupaten Kudus bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, meninjau posko siaga dan tempat karantina Covid-19 yang telah dihuni pemudik berstatus orang dalam pengawasan (ODP), Sabtu (25/4) malam. Pemantauan itu untuk memastikan keamanan wilayah Kudus ditengah pandemi corona.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo berpesan, petugas wajib melaksanakan tugasnya dengan membekali diri alat pelindung diri (APD) sesuai aturan. Selain itu, memantau aktivitas dan perkembangan warga Kudus yang tengah dikarantina. ODP yang sedang dikarantina diharuskan memakai masker dan menerapkan sosial dan physical distancing.

"Saya harap petugas kesehatan di karantina, tetap semangat menjadi pahlawan bagi saudara kita,’’ kata Hartopo.

Menurutnya, ketegasan petugas kesehatan perlu diterapkan, terutama terkait penerapan sosial dan physical distancing di lokasi karantina. Agar para perantau yang baru pulang dari zona merah Covid-19 itu dipastikan benar-benar sehat, sebelum dipulangkan dan berkumpul dengan keluarga.

"Jika membandel jangan segan kunci dalam kamar,’’ tegasnya.

Sementara Kapolres Kudus, AKBP Catur Gatot Efendi menambahkan, kehadiran jajaran Forkopimda di lokasi karantina untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para warga yang dikarantina dan petugas kesehatan. Dia berharap, warga yang dikarantina itu bisa menjaga kekompakan dengan petugas, guna memutus mata rantai penularan Covid-19 Kota Kretek.

"Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita dapat kembali dalam kehidupan semula,’’ ujarnya

Pada kesempatan itu, Catur juga berpesan kepada patugas sampah dari warga yang dikarantina, tidak dicampur dengan sampah dari masyarakat umum. Pihaknya khawatir, sampah tersebut dapat menimbulkan penyakit dan menular kepada warga lain.

"Bila perlu sampah dari ODP langsung dimusnahkan saja dengan cara dibakar,’’ tandansya.

Diketahui, Plt Bupati Kudus HM Hartopo bersama jajaran Forkopimda didampingi kepala OPD terkait meninjau sejumlah posko siaga dan lokasi karantina covid-19. Dimulai dari Terminal Induk Jati, Rusunawa Bakalankrapyak, Posko Covid Gondosari, Balai Diklat Sonyawarih dan Posko Covid Simpang Tujuh Kudus.

Di terminal Induk Jati, rombongan juga meninjau blokade jalan yang dipasang di perbatasan menuju arah kota untuk mensterilkan kendaraan pemudik dari kota lain masuk. Selain itu, posko pelayanan dan pemeriksaan yang ada di Terminal Induk pun dikunjungi, guna memastikan terhadap kesiapan dari petugas dan alat sterilisasi. (kds/han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »