Puluhan Pemudik dari Zona Merah Jalani Karantina

Wednesday, April 15, 2020
RUSUNAWA BAKALANKRAPYAK: Tim petugas kesehatan memasuki gedung rusunawa Bakalankrapyak untuk mengecek kondisi ruang dan pemudik yang telah dikarantina. 
KUDUS - Jumlah pemudik asal zona merah yang dikarantina di Rumah Susun Sewa Twin Block (Rusunawa TB) 4 Bakalankrapyak Kecamatan Kaliwungu, Kudus terus bertambah. Rabu (15/4) siang kemarin, tercatat ada 39 orang dan paling banyak merupakan warga Kecamatan Undaan.

Sekretaris Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan mengatakan, jumlah penghuni tempat karantina Rusunawa Bakalankrapyak mengalami peningkatan. Pada Senin (13/4), kemarin, tercatat 21 orang dan hari ini ada 39 orang. Pihaknya pun berupaya akan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pemudik yang dikarantina.

‘’Kami akan upayakan kenyamanan mereka, satu ruang untuk satu orang,” kata Satria disela-sela mengecek ruang karantina untuk pemudik.

Satria menambahkan, Pemerintah Kecamatan Kaliwungu telah menyurati dinas PKPLH Kudus selaku pengelola rusunawa, terkait pengadaan fasilitas internet gratis untuk pemudik,’’Semoga bisa dilaksanakan,’’ imbuhnya.

Selama dikarantina, pemudik telah melakukan kegiatan yang disebut dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membuat perasaan mereka bahagia. Mulai dari kegiatan berjemur, olahraga dan relaksasi yang dipandu tim dari PMI Cabang Kudus.

‘’Mereka juga dijamin makannya sehari tiga kali,’’ tandasnya.   

Dia menjelaskan, 39 pemudik yang dikarantina di rusunawa Bakalankrapyak saat ini berasal dari Kecamatan Undaan, Kaliwungu dan Kota. Mereka datang dari Jakarta dan sekitarnya. Dua warga diantaranya datang dari Jepang yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK).

‘’Sebagian besar warga Kecamatan Undaan karena disana tidak disediakan tempat karantina sendiri,’’ katanya.

Diketahui, Pemkab Kudus menyediakan tiga tempat karantina untuk pemudik yang baru datang dari zona merah yakni Rusunawa Bakalankrapyak, Gedung Diklat Sonyawarih turut Desa Menawan Kecamatan Gebog dan tempat penginapan Graha Muria Colo. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »