PN Pati Gelar Sidang Via Teleconference

Thursday, April 02, 2020
SIDANG: Situasi sidang via teleconference di ruang sidang Pengadilan Negeri Pati.
PATI - Untuk mencegah potensi penularan virus Covid-19, Pengadilan Negeri Pati  melangsungkan sidang jarak jauh atau teleconference.

Sistim sidang secara jarak jauh (teleconference) tersebut, telah dilaksanakan sejak Senin, (30/3). Upaya tersebut  sebagai tindak lanjut disposisi Ketua Mahkamah Konstitusi RI kepada Dirjen Badan Peradilan Umum tertanggal 26 Maret 2020.

Di surat edaran itu, Dirjen Badan Peradilan Umum menyatakan, selama masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona, seluruh pimpinan pengadilan dapat menyelenggarakan persidangan perkara pidana secara jarak jauh atau teleconference.

Menurut Humas sekaligus Hakim Pengadilan Negeri Pati Agung Iriawan, mengatakan dengan cara teleconference itu, terdakwa dan jaksa tidak perlu hadir langsung di ruang persidangan.
Yang berada di ruang sidang hanya Majelis Hakim dan pengacara.

“Persidangan dengan menggunakan video telekonferens seperti ini, kemungkinan sampai kondisi kembali normal, atau pasca penanggulangan Covid-19 selesai,” ujarnya.

Agung  menambahkan, persidangan seperti ini memang baru pertama kali dilakukan karena kondisi sekarang ini pemerintah melarang adanya kerumunan masa yang dapat dengan mudah menularkan infeksi Covid-19.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk menyelesaikan perkara yang semakin menumpuk setiap harinya yang harus segera diselesaikan serta untuk menghindari kontak langsung antar orang yang bisa menjadi perantara penularan Covid-19,” tutur Agung Iriawan.

Hanya saja, kata Agung, beberapa sidang yang biasanya bisa berjalan serentak di tiga ruangan bebeda, tapi dengan sidang sistem teleconference ini harus antri satu per satu, sehingga terkendala waktu persidangan yang masih kurang efektif. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »