Pengalaman Jadi Dokter, Sigap Tanggulangi Virus Corona

Thursday, April 02, 2020
CORONA: Kepala Desa (Kades) Pelemgede Kecamatan Pucakwangi, Pati Hadi Mustamar (Bertopi) saat berada di posko anti persebaran virus corona.
PATI - Dengan berbeka pengalaman sebagai seorang dokter umum. Membuat Kepala Desa (Kades) Pelemgede Kecamatan Pucakwangi, Pati Hadi Mustamar sigap dalam menangani wabah virus corona.

Dirinya pun menggandeng bidan desa serta puluhan kader kesehatan yang ada di desanya untuk melakukan pemantauan. Selain itu, pihaknya juga telah membuat posko anti persebaran virus corona.

“Desa kami memiliki cukup banyak perantau, jadi antisipasi terus kami galakkan. Agar masyarakat tidak tertular oleh warga yang dari luar daerah atau dari daerah pandemik,” tegas Hadi Mustamar.

Bila ada warga yang memiliki keluhan, maka akan segera dirujuk ke puskesmas. Namun bila ada warga pendatang yang merasakan sesak nafas akan langsung dirujuk ke poli paru rumah sakit umum daerah (RSUD) Soewondo.

“Ini menjadi upaya kami untuk memastikan kesehatan warga desa. Kebetulan kami juga ada info grup desa sehingga setiap ada pendatang dari luar kota dan luar negeri bisa langsung dipantau,” imbuhnya.

Diperkirakan, lanjutnya jumlah perantau akan semakin bertambah kedepannya. Mengingat sejumlah pabrik di kota besar mulai meliburkan karyawannya. Data dari desa sendiri menyebutkan ada sekitar 200 hingga 300 warganya yang menjadi perantau. Meski dia tidak bisa memastikan jumlah yang akan pulang.

“Hasilnya hingga saat ini Alhamdulillah setelah diperiksa sehat semua. Tidak ada yang mengeluhkan kesehatannya. Meskipun sebatas batuk dan pilek,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap menyarankan agar para perantau itu dapat melakukan isolasi mandiri atau istirahat di rumah selama 14 hari. Pihaknya juga memberikan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

“Kami juga bekerjasama dengan 30 kader kesehatan yang tersebar di seluruh desa serta bidan untuk memantau kondisi para perantau tersebut. Kalau memang ada keluhan kesehatan akan kami pantau intensif. Sekalipun baru saja memeriksakan diri,” pungkasnya. (mel)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »