Pemkab Rembang Sediakan Beasiswa

Thursday, April 23, 2020

REMBANG - Siswa yang berprestasi dari keluarga tidak mampu akan diberikan beasiswa untuk sekolah di perguruan tinggi yang telah ditentukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Saat ini beberapa mahasiawa sudah menerima biasiswa, dengan nominal yang berbeda-beda.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto saat talkshow Kartini Day dengan mengusung tema "Peran Pemuda untuk Pendidikan Rembang" belum lama ini.

Bayu membeberkan besaran jumlah beasiswa yang diberikan berbeda, lantaran biaya hidup di tiap daerah tidak sama. Sehingga Pemkab Rembang menyesuaikan beasiswa yang diberikan dengan biaya hidup di masing-masing perguruan tinggi berada.

Beasiswa Prestasi Pendidikan tinggi diberikan dalam bentuk uang meliputi komponen Biaya Uang Kuliah Tunggal dan Biaya Hidup. Besaran Biaya Uang Kuliah Tunggal per semester dibayarkan secara at cost.

Sedangkan Besaran Biaya hidup dibayarkan minimal sebesar Rp.2.100.000 dan maksimal sebesar Rp. 9.000.000 per semester. Ia merinci besaran beasiswa yang diberikan di masing-masing daerah berbeda.

Meski jumlah besaran sudah disesuaikan dengan masing-masing daerah, siswa yang mendapat beasiswa perguruan tinggi harus menaati beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemkab Rembang.

Adapun sanksi bagi peserta penerima beasiswa yang tidak mematuhi ketentuan juga akan diberlakukan. Penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi wajib mengembalikan seluruh dana beasiswa yang telah diterima apabila penerima beasiswa mengundurkan diri sebagai peserta penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi.

"Pemberian Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi dapat dihentikan apabila penerima beasiswa tidak terdaftar lagi sebagai mahasiswa pada perguruan tinggi yang bersangkutan, meninggal dunia, melanggar perjanjian yang telah disepakati pada surat perjanjian. Maka dari itu jangan sampai salah pergaulan yang mengakibatkan lulus tidak sesuai waktu yang disepakati," jelasnya.

Wabup menambahkan, fasilitas yang diberikan Pemkab ini merupakan upaya untuk perluasan dan pemerataan akses pendidikan tinggi di Kabupaten Rembang.

Sedangkan tujuan Program Beasiswa Prestasi Pendidikan tinggi, yaitu meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat berprestasi dari keluarga tidak mampu.

Selain itu memberikan jaminan bagi para penerima beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, dan meningkatkan mutu sumber daya manusia sebagai salah satu komponen pendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Rembang. (sov/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »