Pemkab Kudus Terima Bantuan APD

Wednesday, April 01, 2020
BANTUAN APD: Pemkab Kudus menerima bantuan APD dari Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji (kiri) yang diterima langsung Plt Bupati Kudus HM Hartopo (kanan) di Pendapa Kabupaten Kudus.
INFOJATENGPOS, KUDUS - Pemkab Kudus mendapat bantuan alat pelindung diri (APD) yang diperuntukan tenaga medis di rumah sakit dan tenaga kesehatan di puskesmas di Kabupaten Kudus. Bantuan tersebut diberikan Vice President Director Djarum Foundation F Supanji dan diterima langsung Plt Bupati Kudus HM Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu, (1/4).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi bantuan APD yang diberikan Djarum Foundation kepada tenaga medis di Kabupaten kudus. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi perushaan yang telah memberikan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

"Memang tim medis di Kudus sangat kekurangan APD dan sangat membutuhkan bantuan di dalam situasi darurat ini,’’ ungkap Hartopo.

Sebelumnya, kata Hartopo, tim medis di rumah sakit hanya memakai pakaian atau APD yang tidak standart, saat menangani pasien dalam pengawasan (PDP). Sehingga adanya bantuan ini, dapat membantu tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Hartopo berharap, tidak hanya Djarum Foundation yang memberikan kontribusi ini, tapi perusahaan lain bisa ikut memberikan kontribusi dan memikirkan tim medis yang tengah berjuang menyembuhkan PDP. Perjuangan tim medis yang dilakukan itu patut diapresiasi sebagai pejuang kemanusiaan.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat saat melayani pasien, untuk mengurangi penyebaran corona. Bantuan ini akan kami berikan 7 rumah sakit rujukan dan Puskesmas di Kudus,’’ paparnya.

Sementara Program Manager Djarum Foundation, Purwono Nugroho mengatakan, bantuan ini merupakan langkah nyata Djarum Foundation, untuk turut berkolaborasi dan bersatu padu, serta bergotong royong dalam sebuah gerakan memerangi Covid-19.

‘’Pemberian bantuan ini juga sebagai wujud kepedulian untuk masyarakat dan lingkungan, dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kudus,’’ jelasnya.

Adapun bantuan yang diberikan, kata Purwono, APD berupa baju Coverall sebanyak 500 pcs, kacamata  goggle 400 pcs, dental protective face 300 pcs, masker N95 4 ribu pcs, dan masker bedah 1.000 box.

Selain itu, juga diberikan sepatu boot 400 pasang, sarung tangan 1.000 box, penutup Kepala 5.000 pcs, virus transportation media (VTM) atau alat untuk mengecek dahak pasien yang diduga terinfeksi virus corona sebanyak 5.000 pcs.

‘’Total bantuan yang diberikan ini senilai Rp1,5 miliar lebih. Tapi belum sepenuh kita berikan, tinggal VTM yang belum ada dan kami masih mencari,’’ tuturnya. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »