Pedagang Diwajibkan Menggunakan Masker

Sunday, April 12, 2020
BAGIKAN MASKER: Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti (tengah) membagikan masker kepada pedagang ayam di Pasar Baru Kudus.
KUDUS - Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus membagikan ribuan masker kepada pedagang di pasar tradisional di Kota Kudus, sebagai upaya penangnanan pencegahan penularan virus corona.  

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti mengatakan, setiap pedagang di pasar-pasar di Kudus wajib menggunakan masker saat melakukan transaksi. Jika ada yang ketahuan tidak menggunakan masker akan diberi sanksi tegas yakni tidak boleh berjualan.

"Pedagang juga diwajibkan menjaga kebersihan dan mencuci tangan pakai sabun, untuk mencegah penularan covid-19,’’ ujar Sudiharti saat membagikan masker di Pasar Baru Kudus baru-baru ini.

Pihaknya mengupayakan, jangan sampai ada pedagang maupun warga yang berkunjung di pasar terpapar virus corona. Untuk itu, semua pedagang diwajibkan menggunakan masker selama berjualan.

Sampai saat ini, sambungnya, belum ada laporan terkait pedagang yang tertular corona. Seluruh pedagang juga belum ada yang mendapat sanksi karena imbauan itu baru diberikan kepada pedagang per Jumat (10/4) lalu.

"Total masker yang kami bagikan ada 10.000 masker untuk seluruh pedagang,’’ imbuhnya.

Dia menambahkan, ribuan masker itu akan diberikan kepada seluruh pedagang yang berjualan di pasar tradisional milik Pemkab Kudus yakni Pasar Baru Kudus, Pasar Kliwon, Pasar Bitingan dan Pasar Jekulo.

"Sejumlah pedagang di pasar lainnya juga akan kami berikan masker,’’ pungkasnya.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Baru Kudus, Siti meyetujui kebijakan dari Dinas Perdagangan tersebut. Dirinya juga tidak keberatan demi menjaga kesehetan agar tidak tertulas virus corona. Selain itu, untuk mengurangi bau ayam dan debu yang ada di pasar.

"Saya setuju memakai masker, takut juga kena corona,’’ ujarnya.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi jajaran Forkopimda terus melakukan penyisiran di fasilitas umum, guna memberikan imbuan kepada masyarakat untuk menerapkan social dan physical distancing selama pandemic corona. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

"Saya imbau, pedagang dan pembeli selalu menggunakan masker. Pembeli juga diharapkan bisa membungkus makanannya dan dimakan di rumah demi menjaga keamanan bersama,’’ ujar Hartopo. (han)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »