Pantau Pemudik, Dirikan Posko di Terminal

Thursday, April 02, 2020
freepik.com
PATI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati bersama instansi terkait mendirikan posko terpadu pemantauan di Terminal Sleko Pati, sejak beberapa hari lalu.

Pendirian posko pemeriksaan kesehatan itu, atas saran Bupati Pati Haryanto, dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah mencegah penularan Covid-19. Mengingat saat ini banyak warga perantauan yang akan pulang mudik.

Kepala Dishub Kabupaten Pati Sudarlan diwakili Kabid Angkutan dan Teknis Sarana Eko Budi Santoso mengatakan, posko terpadu itu untuk pemantauan penumpang yang turun di terminal Pati baik yang menggunakan alat transportasi antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP).

“Sepanjang kondisi tanggap darurat terkait penyebaran Covid-19 berlangsung tentu posko ini akan tetap dilanjutkan. Karena memang mengantisipasi serta melakukan pendataan dan pengecekan yang turun di terminal Pati, asal dan tujuan terminalnya serta memeriksa kesehatannya karena di sini juga ada petugas Satlantas dan Dinas Kesehatan,” tutur Eko Budi Santoso.

Dia menambahkan, personil yang tergabung sebagai tim terpadu akan selalu siap sampai berakhirnya tanggap darurat penanggulangan Covid-19 dinyatakan selesai.

Tim terpadu posko ini, lanjut Eko, hanya untuk memeriksa kesehatan penumpang yang turun di terminal. Sedang bagi penumpang yang turun di titik-titik tertentu, nanti pengawasan dan pendataanya akan dilakukan oleh pemerintah desa atau kelurahan dengan menyarankan untuk memeriksakan kesehatan atau mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari.

Eko menambahkan, untuk mengantisipasi tertularnya Covid-19, seluruh petugas yang ditempatkan di posko pengawasan terpadu ini dilengkapan dengan alat pelindung diri (APD) dari Dinas Kehatan Kabupaten Pati.

Dia pun mengimbau agar semua warga yang baru mudik agar senantiasa melakukan apa yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

"Jika dalam masa isolasi merasakan gejala sakit, baiknya langssung melakukan pemeriksaan di puskesmas atau rumah sakit, serta batasi kegiatan dan interksi dengan banyak orang. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »