Mobil Pemudik Diminta Putar Balik

Monday, April 27, 2020
CHECK POINT: Satlantas Polres Kudus bersama Dinas Perhubungan dan DKK Kudus menggelar check point di pintu masuk Terminal Induk Jati Kudus.
KUDUS - Puluhan unit kendaraan roda empat milik pemudik yang akan memasuki Kota Kudus, diminta putar balik oleh anggota Satlantas Polres Kudus dan Dinas Perhubungan Kudus saat menggelar kegiatan check point di depan Terminal Induk Jati Kudus, Senin (27/4).

Kasatlantas Polres Kudus, AKP Galuh Pandu Pandega mengatakan, kegiatan check point dan pengalihan arus ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Sehingga setiap mobil yang masuk ke terminal, akan dilakukan pengecekan suhu dan identitas pengemudi.

"Kalau dari Jakarta atau daerah zona merah Covid-19, kamai minta kembali ke daerah asal,’’ ungkap Pandu disela-sela kegiatan check point.

Pandu menjelaskan, kegiatan check point itu dilaksanakan bersama Dinas Perhubungan dan Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus. Saat check point digelar, tercatat ada ratusan mobil keluarga dan sejumlah mobil truk yang dilakukan pengecekan. Seluruh penumpang juga dicek suhu badannya menggunakan thermo gun.

"Hari ini ada 50 unit mobil yang diputarbalikkan dan diminta kembali ke daerah asal,’’ tandasnya.

Dia menuturkan, alasan memutar balikkan kendaraan dari luar kota adalah untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19 masuk ke dalam Kota Kretek. Pihaknya menegaskan, tim gabungan akan terus melakukan kegiatan check point di perbatasan kota setiap hari.

Untuk itu, Pandu mengimbau kepada masyarakat Kudus yang sedang ada di luar kota agar tidak pulang dulu. Atau tetap tinggal di daerah atau kota di mana sekarang berada. Misalnya, kalau sedang berada di Jakarta atau di Bandung, diminta tetap berada di kota tersebut.

"Kalau mau komunikasi dengan keluarga, bisa menggunakan media sosial (Medsos),’’ tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil menambahkan, jumlah pemudik yang masuk di Kudus sampai Minggu (26/4) sore lusa  kemarin tercatat ada 1.200 orang.

"Pagi ini ada tambahan 3 pemudik yang sudah masuk,’’ imbuhnya.  

Halil juga mengimbau, warga Kudus yang sedang berada di luar kota, agar tetap tinggal di daerah setempat dan tidak mudik. Hal itu untuk mencegah penularan Covid-19 dan demi menjaga kesehatan bersama. Jika ingin berkomunikasi dengan keluarga saat lebaran, bisa memanfaatkan medsos.

"Semoga masyarakat Kudus yang ada diluar kota sadar betul, ini demi keselamatan bersama,’’ tandasnya. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »