Lapas Rembang Bebaskan 38 Narapidana

Friday, April 03, 2020
ilustrasi (net)
REMBANG - Sebanyak 38 orang narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rembang secara bersamaan telah resmi diakhiri masa hukumannya, pada Kamis, (2/4), kemarin lusa. Mereka pun kini dapat menghirup udara bebas di luar jeruji besi.

Kepala Rutan Kelas II B Rembang, Ruspriyanto menjelaskan, pembebasan sebanyak 38 orang narapidana tersebut berdasarkan Peraturan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) nomor 10 tahun 2020. Hal itu berkaitan dengan mewabahnya COVID-19 atau virus corona.

“Dalam hal menindaklanjuti perintah pimpinan bahwa terkait adanya virus corona atau Covid-19 ini, sehingga kebijakan Pemerintah dalam hal ini memberikan kesempatan bagi narapidana yang sudah menjalani setengah masa pidana diberikan asimilasi luar biasa,” jelasnya.

Ruspriyanto mengatakan, kriteria pembebasan narapidana tersebut sebelumnya melalui berbagai pertimbangan. Selain harus berkelakuan baik selama menjalani masa kurungan, ada sejumlah persyaratan yang menjadikan mereka layak dibebaskan.

“Yang sudah menjalani setengah masa pidana diberikan asimilasi diluar yakni dirumah masing – masing, dengan catatan tidak diperbolehkan keluar sementara karena adanya virus Covid-19 ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Sofyan (35), salah satu narapidana asal Kecamatan Sedan, mengaku bersyukur dan senang bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Setelah kembali di rumah, ia berjanji akan memperbaiki diri.

“Nantinya bekerja di rumah dan mengembangkan keahlian sesuai apa yang telah diajarkan selama berada di rutan. Kerja apa saja yang penting halal dan berguna bagi masyarakat,” ujarnya. (sov/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »