Kudus Menyandang Status KLB Covid-19

Sunday, April 05, 2020
dr Andini Aridewi, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus
KUDUS - Dengan adanya dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang di rawat di RSUD dr Loekmono Hadi dan RS Mardi Rahayu dinyatakan positif Covid-19, Kabupaten Kudus kini menyandang status Kejadian Luar Biasa (KLB). Sehingga masyarakat Kota Kretek diminta waspada agar tidak terpapar virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi mengatakan, dengan adanya dua pasien dengan hasil swab positif Covid-19, Kabupaten Kudus saat ini menyandang status KLB virus corona. Surat Keputusan (SK) terkait KLB pun sudah diterbitkan, melihat kondisi saat ini sudah darurat pandemic corona virus.

‘’Semua harus waspada. Penentuan kondisi darurat sudah ditetapkan, termasuk penetapan pandemi corona,’’ ungkap Andini saat menggelar konferensi pers via teleconfrence zoom di Press Room Kudus, Minggu (5/4) siang kemarin.  

Rapid test terhadap orang yang pernah melakukan kontak dengan warga Kecamatan Bae terpapar corona itu pun sudah dilakukan. Total ada 79 orang yang dilakukan pengecekan dan hasilnya negatif. Meski demikian, pihaknya akan melakukan rapid test kembali pada 10 hari mendatang.

‘’Rapid test juga sudah dilakukan terhadap orang yang pernah kontak dengan warga Pati itu, dan hasilnya semua negatif,’’ paparnya.

Meski hasilnya negatif, pihaknya mengimbau kepada warga yang pernah melakukan kontak terhadap pasien positif corona, melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Hal itu untuk memudahkan petugas kesehatan melakukan pemantauan.

‘’Saya imbau melakukan isolasi mandiri secara benar,’’ tegasnya.

Diketahui, dua PDP berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Loekmono Hadi dan RS Mardi Rahayu Kudus dinyatakan positif terpapar virus corona. Hal itu diketahui setelah hasil swab Balitbangkes keluar pada Sabtu, (4/4), kemarin.  

Untuk pasien berjenis kelamin laki-laki adalah warga Kecamatan Bae, Kudus, yang kini masih di rawat di ruang isolasi RSUD Kudus. Sementara satu pasien berkelamin perempuan merupakan warga Pati yang saat ini masih di rawat di RS Mardi Rahayu. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »